Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Militer Akan Lebih Besar & Cepat

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pertahanan optimistis pencapaian pembangunan militer dalam negeri akan lebih besar dan lebih cepat pada tahun depan.Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan pencapaian ini terlihat dari kemampuan Kemenhan untuk

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pertahanan optimistis pencapaian pembangunan militer dalam negeri akan lebih besar dan lebih cepat pada tahun depan.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan pencapaian ini terlihat dari kemampuan Kemenhan untuk pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) di 2014.

Dia mencontohkan pada tahun depan, Kemenhan menargetkan pengadaan pesawat angkut ringan menjadi 9 buah, dari sebelumnya 5 buah. Kemudian, pengadaan pesawat Hercules menjadi 9 buah dari sebelumnya 6 buah.

"Apalagi untuk pesawat F-16, yang dulu cuma dapat 6, tahun depan bisa dapat 24," ujarnya seusai acara Buka Bersama di Kemenhan, Selasa (30/7/2013).

Padahal, Purnomo mengungkapkan pagu anggaran Kemenhan untuk tahun depan tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun ini.

Dia mengungkapkan pagu anggaran Kemenhan yang dialokasikan dalam RAPBN 2014 hanya sebesar Rp83,5 triliun.

"Tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun ini. Kenapa [pengadaan tahun depan] bisa lebih banyak, itu pintar-pintarnya kami saja," ujarnya.

Seperti diketahui, Kemenhan menerapkan skema bisnis government-to-government dalam pengadaan alutsista untuk 2014.

Cara seperti ini memang lebih murah dibandingkan melalui mekanisme business-to-business di mana kerja samanya menggunakan pihak swasta.

Selain pembangunan kekuatan militer lebih besar, Purnomo menuturkan pengadaan alutsista pada tahun depan juga akan lebih cepat.

"Rancangan kebutuhan yang harus disiapkan itu sudah inline [sesuai], bahkan [pengadaannya] jadi bisa lebih cepat untuk tahun depan," ujarnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper