Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran: Sepeda Motor Paling Banyak Kecelakaan

Bisnis.com, JAKARTA—Sepeda motor menjadi sarana transportasi yang paling banyak mengalami kecelakaan selama mudik. Dari total kecelakaan yang terjadi selama mudik, 90% diantaranya melibatkan sepeda motor. Kecelakaan itu bukan hanya melibatkan pemudik

Bisnis.com, JAKARTA—Sepeda motor menjadi sarana transportasi yang paling banyak mengalami kecelakaan selama mudik. Dari total kecelakaan yang terjadi selama mudik, 90% diantaranya melibatkan sepeda motor. Kecelakaan itu bukan hanya melibatkan pemudik tetapi juga masyarakat sekitar jalur mudik yang melakukan perjalanan pendek.

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Ellen Tangkudung mengatakan faktor yang mendorong pemudik menggunakan sepeda motor ialah mahalnya biaya transportasi masal, kemacetan lalu lintas, dan niat untuk menunjukkan kesuksesan kepada keluarga.

Ellen mengatakan pemudik harus memberi prioritas pada faktor keselamatan. Untuk itu ia meminta pengguna sepeda motor untuk patuh pada aturan lalu lintas dan menyiapkan diri ketika hendak mudik.

“Atau bila perlu titip saja sepeda motor untuk diangkut oleh Kementerian Perhubungan, lalu orangnya naik angkutan masal,” ujar Ellen dalam Diskusi Peliknya Manajemen Mudik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (20/7/2013).

Menurut Ellen pemudik yang menggunakan sepeda motor menurun karena pertimbangan keselamatan dan kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Namun tingginya penjualan sepeda motor menyebabkan jumlah penurunan itu tidak kelihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper