Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2013: Mau Diskon Tiket Merak-Bakauheni, Ini Syaratnya

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana memberikan potongan tarif  tiket kepada kendaraan roda empat dan sepeda motor yang menyeberangi pelabuhan siang hari pada arus mudik Lebaran 2013/1434 Hijriah. "PT ASDP akan

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana memberikan potongan tarif  tiket kepada kendaraan roda empat dan sepeda motor yang menyeberangi pelabuhan siang hari pada arus mudik Lebaran 2013/1434 Hijriah.

"PT ASDP akan memberikan 'reward and payment' berupa pemotongan harga tiket bagi kendaraan yang menyeberang pelabuhan khusus di siang hari," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Albar Hasan Tanjung, Kamis (11/7).

Dia menjelaskan hal itu dilakukan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan yang akan menyeberangi Pelabuhan Bakauheni dan Merak pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Menurutnya, penumpukan kendaraan yang akan melintas baik Pelabuhan Bakauheni maupun Merak didominasi kendaraan mobil dan motor pada malam hari.

"Mobil maupun motor banyak menyeberang pada malam hari, sehingga selalu terjadi penumpukan di pelabuhan," katanya.

Dia menjelaskan dalam rapat koordinasi di Pelabuhan Merak pada Selasa (9/7) PT ASDP telah mengusulkan upaya menekan terjadinya penumpukan kendaraan tersebut di pelabuhan terutama pada malam hari dengan memberikan potongan harga tiket kendaraan yang menyeberang pada siang hari.

Menurut Albar, upaya menekan penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni sangat baik, karena dalam teknis usulan tesebut pihak ASDP akan memberlakukan bagi pengendara sepeda motor maupun mobil potongan harga tiket.

"Rencana ketentuan penyeberangan siang hari bagi pengendara mobil dan motor tentu akan lebih murah dibandingkan malam hari," jelasnya.

Albar menegaskan pemotongan tarif tiket tersebut tidak berlaku bagi penyeberang pejalan kaki, karena sumber terjadinya penumpukan kendaraan antara Pelabuhan Merak dan Bakauheni atau sebaliknya pada penyeberangan malam hari.

Dia mengharapkan dengan rencana ketentuan tersebut tidak lagi terjadi penumpukan kendaraan hingga mencapai belasan kilometer memasuki pintu gerbang pelabuhan selama arus mudik dan balik tahun ini. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper