Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KRISIS SURIAH : Turki Bangun Dinding Berduri Sepanjang 2,5 Km di Perbatasan

BISNIS.COM, ANKARA — Turki sedang membangun dinding ganda sepanjang 2,5 km di perbatasan Suriah untuk meningkatkan keamanan garis perbatasan menyusul tiga pengeboman mematikan pada tahun ini.
Winda Rahmawati
Winda Rahmawati - Bisnis.com 25 Mei 2013  |  15:26 WIB

BISNIS.COM, ANKARA — Turki sedang membangun dinding ganda sepanjang 2,5 km di perbatasan Suriah untuk meningkatkan keamanan garis perbatasan menyusul tiga pengeboman mematikan pada tahun ini.

Kementerian Bea Cukai Turki melaporkan, dinding beton itu akan dibangun di setiap sisi jalan yang mengarah dari sisi Turki di persilangan Cilvegozu hingga ke pintu gerbang perbatasan Suriah, serta akan ditambahi pagar berduri di bagian atasnya.

Cilvegozu yang menjadi lokasi pengeboman pada Februari lalu telah menewaskan 14 orang dan pada bulan ini 51 orang meninggal ketika bom mobil ganda menghantam kota terdekat Reyhanli.

Sejak Juli, kendaran Turki tidak diizinkan menyeberangi gerbang Cilvegozu demi alasan keamanan. Akan tetapi, tetap terbuka bagi pengungsi Suriah dan bantuan kemanusiaan dari Turki.

Adapun, kendaraan Turki yang disetujui lewat saat ini diizinkan adalah yang masuk ke daerah penyangga tak berpenghuni di antara gerbang Turki dan Suriah untuk membongkar barang sebelum berbalik kembali.

Gerbang Bab-al Hawa di sisi Suriah jatuh di bawah kendali pemberontak yang berperang untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad pada tahun lalu. Serangan bom Februari lalu yang berada di zona penyangga itu sangat dekat dengan gerbang Turki.

"Perlengkapan screening kendaraan dan mesin x-ray, serta pagar kawat berduri, pencahayaan ekstra, dan kamera keamanan juga dipasang," kata kementerian tersebut seperti dikutip Reuters, Sabtu (25/5/2013).

Perdana Menteri Turki Tayyib Erdogan juga akan mengunjungi Reyhanli pada Sabtu (25/5/2013), pertama kalinya sejak pengeboman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krisis suriah turki kawat berduri

Sumber : reuters

Editor : Endot Brilliantono
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top