Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKUTAN CPO SUMUT: Via Kereta Meningkat 100% Pada Triwulan

BISNIS.COM, MEDAN--Angkutan crude palm oil (CPO) yang dilakukan oleh PT Kereta Api di Sumut pada triwulan I/2013 meningkat  hampir 100% menjadi 160.068 ton dari 84.371 ton pada  periode sama 2012Manajer Humas PT Kereta Api Divisi Regional (Divre)

BISNIS.COM, MEDAN--Angkutan crude palm oil (CPO) yang dilakukan oleh PT Kereta Api di Sumut pada triwulan I/2013 meningkat  hampir 100% menjadi 160.068 ton dari 84.371 ton pada  periode sama 2012

Manajer Humas PT Kereta Api Divisi Regional (Divre) Sumut  dan Aceh Rapino mengaku peningkatan angkutan CPO  tadi karena lebih murah dan aman dibandingkan dengan menggunakan truk.

“Kalau menggunakan truk jalan darat banyak yang rusak. Oleh karena itu, pemiik barang (CPO) mengalihkan angkutan lewat kereta api,” ujarnya kepada Bisnis di Medan, Sabtu (13/4).

Menurutnya, selama ini angkutan CPO lewat kereta api hanya digunakan oleh BUMN perkebunan dan perusahaan swasta asing. Sekarang, kata dia, perusahaan perkebunan swasta dalam negeri juga sudah ada menggunakan jasa kereta api untuk mengangkut CPO.

Cuma saja, kata Rapino, mulai April Kereta Api Sumut dan Aceh tidak lagi mengangkut lateks ewat kereta api karena produksi dari Labuhanbatu dan Asahan menurun drastis.

Triwulan I/2012 total lateks yang diangkut kereta api mencapai 1.818 ton dan triwulan I/2013 naik tipis menjadi 1.944 ton.

“Jadi sejak April kereta api Sumut tidak mengangkut lateks karena produksi turun drastis seiring dengan pemangkasan jatah ekspor yang dilakukan Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Master Sihotang
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper