Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONFLIK SURIAH: PBB Bentuk Tim Selidiki Penggunaan Senjata Kimia di Suriah

NEW YORK-Perserikatan Bangsa Bangsa dan Pemerintah Suriah mendekati kesepakatan mengenai penyelidikan internasional tentang penggunaan senjata kimia di Suriah."Sekarang ini kami sedang menunggu kesepakatan akhir dengan Suriah, dan kami sangat dekat dengan

NEW YORK-Perserikatan Bangsa Bangsa dan Pemerintah Suriah mendekati kesepakatan mengenai penyelidikan internasional tentang penggunaan senjata kimia di Suriah.

"Sekarang ini kami sedang menunggu kesepakatan akhir dengan Suriah, dan kami sangat dekat dengan itu," kata Angela Kane, Wakil Tinggi PBB bagi Urusan Perlucutan Senjata, dalam wawancara dengan Xinhua.

Kane saat ini sedang melakukan pembahasan dengan Pemerintah Suriah dan membuat pengaturan guna mengirim satu misi yang akan menyelidiki dugaan penggunaan senjata kimia, yang disampaikan Suriah kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Maret.

Prancis dan Inggris juga mengikuti perbuatan Suriah dengan satu surat kepada Ban, untuk meminta dia menyelidiki dua peristiwa lagi mengenai kemungkinan penggunaan senjata kimia.

Melalui proses PBB yang tak banyak diketahui dan disebut Mekanisme Sekretaris Jenderal (SGM), yang diciptakan berdasarkan resolusi Sidang Majelis Umum 20 tahun lalu, Ban dapat menunjuk satu tim untuk menyelidiki tuduhan satu negara anggota mengenai penggunaan senjata kimia.

Satu tim kecil telah berkumpul, termasuk ilmuwan Swedia Ake Sellstrom dan para pejabat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Sebagai jawaban atas satu pernyataan tentang apakah Suriah akan memberi akses tanpa batas bagi penyelidikan itu, Kane mengatakan,"Saya kira kami sangat dekat dengan itu." (antara/xinhua/oana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper