Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEASISWA MAHASISWA: Sudah Cair, Dana Bidik Misi Ada Di Bank

BISNIS.COM,JAKARTA -- Dalam hitungan hari mahasiswa perguruan tinggi negeri angkatan 2010 -2012 penerima beasiswa akan mendapat pembayaran, karena dana bidik misi sudah ada di bank penyalur. "Sudah cair, dana sudah masuk rekening bank penyalur. Tinggal

BISNIS.COM,JAKARTA -- Dalam hitungan hari mahasiswa perguruan tinggi negeri angkatan 2010 -2012 penerima beasiswa akan mendapat pembayaran, karena dana bidik misi sudah ada di bank penyalur.

"Sudah cair, dana sudah masuk rekening bank penyalur. Tinggal dari rekening bank penyalur ke rekening mahasiswa, dan Insya Allah tidak sampai minggu depan (sudah bisa diambil)," kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ilah Sailah, Rabu (10/4).

Dia menjelaskan dana tersebut untuk seluruh mahasiswa yang sebelumnya sudah pernah menerima bidik misi, dari angkatan 2010 sampai dengan 2012.

"Bagi mahasiswa di PTN yang datanya sudah lengkap tentu akan cair," lanjutnya.

Dana beasiswa bidik misi di PTN ini sempat terlambat diterima mahasiswa setiap bulannya. Beberapa perguruan tinggi berinisiatif menalangi hak mahasiswa penerima beasiswa tersebut.

Keterlambatan pencairan dana beasiswa bidik misi tersebut karena anggaran ketika itu masih dibintangi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sampai akhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh meminta agar dana yang sifatnya urgent, seperti bidik misi ini dapat dibuka bintangnya.

Dana bidik misi yang cair tersebut, menurut dia, merupakan biaya hidup dan pendidikan sebesar Rp600 ribu per bulan untuk mahasiswa "on going", serta beasiswa untuk mahasiswa S-2 dan S-3.

Sebelumnya, dia menjelaskan bahwa pencairan biaya hidup penerima bidik misi disalurkan melalui perantara PT. Namun, sehubungan dengan adanya peraturan Menteri Keuangan yang mengharuskan semua jenis bantuan sosial (bansos) harus langsung ke sasaran, jadi dilakukan perubahan cara penyaluran.

"Karena rekening perguruan tinggi banyak sekali, diputuskan yang terbaik adalah melalui bank penyalur," ujar dia.

Dengan demikian, kata dia, dari Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) dana bidik misi dikirimkan langsung ke bank penyalur, kemudian ditransfer langsung ke rekening masing-masing mahasiswa penerima beasiswa. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper