Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SUAP HAKIM PN BANDUNG: Toto Hutagalung Akhirnya Datangi KPK

BISNIS.COM, JAKARTA--Tersangka kasus suap hakim Pengadilan Negeri Bandung dalam dana bantuan sosial Pemkot Bandung Toto Hutagalung, akhirnya datang memenuhi panggilan KPK hari ini (8/4).
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 08 April 2013  |  15:16 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Tersangka kasus suap hakim Pengadilan Negeri Bandung dalam dana bantuan sosial Pemkot Bandung Toto Hutagalung, akhirnya datang memenuhi panggilan KPK hari ini (8/4).

Toto yang datang sekitar pukul 10.05 di gedung KPK itu, didampingi oleh kuasa hukumnya Jhonson Siregar.

Jhonson mengatakan kehadiran kliennya hari ini untuk memberikan keterangan sebagai saksi untuk tersangka hakim Setyabudi Tejocahyono. "KAMI berupaya memenuhi proses hukum, dan siap menjalani prosesnya sebaik mungkin."

Namun Jhonson tidak menjelaskan secara rinci mengapa kliennya tidak datang memenuhi dua kali panggilan KPK sebelumnya. Yang pasti, katanya, kedatangan kliennya bukan karena jemput paksa KPK, namun karena inisiatif dirinya sendiri.

Johnson sendiri mengakui baru ditunjuk sebagai pengacara pada Minggu (7/4). Dirinya juga membantah kabar yang menyebutkan  Toto lari ke Sumatera Utara.

mengenai Asep Triana yang sudah ditangkap KPK sebelumnya, menurut Jhonson adalah karyawan dari Toto Hutagalung. Namun, dia tidak menjelaskan kedekatan Toto dengan Walikota Bandung, Dada Rosada.

Toto sendiri, ketika tiba tidak memberikan keterangan dan langsung masuk ke ruang tunggu KPK.

Selain memeriksa Toto, hari ini KPK juga memeriksa hakim Setyabudi sebagai tersangka perkara suap kasus dana bantuan sosial (bansos) Pemkot Bandung senilai Rp66,6 miliar.

Kepala Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan pemeriksaan Setyabudi sebagai tersangka dalam kasus itu, merupakan yang kedua kalinya dilakukan KPK.

Selain dua nama itu, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap seorang pengusaha swasta bernama Putra, juga sebagai saksi untuk tersangka Setyabudi. (if)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korupsi pn bandung bansos toto hutagalung

Sumber : Mia Chitra Dinisari

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top