Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Tanah Air

BISNIS.COM, SEMARANG – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Sabtu malam (6/4/2013) menggelar program Roadshow Edukasi & Apresiasi Bagi Wawasan Budaya Bangsa (WAYANG) sebagai bentuk komitmen untuk terus berupaya mendukung perkembangan seni dan budaya

BISNIS.COM, SEMARANG – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Sabtu malam (6/4/2013) menggelar program Roadshow Edukasi & Apresiasi Bagi Wawasan Budaya Bangsa (WAYANG) sebagai bentuk komitmen untuk terus berupaya mendukung perkembangan seni dan budaya di tanah air.

Kegiatan yang merupakan bagian dari kegiatan sosial Bakti BCA dalam bidang budaya tersebut digelar dengan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang dan salah satu radio di Kota Semarang.

BCA mengemas suatu program Wawasan Budaya Bangsa (WAYANG) yang akan dilaksanakan di berbagai sekolah dalam rangka menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap seni dan budaya Indonesia, khususnya Wayang.

WAYANG juga merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang akan dijalankan dalam program “BCA untuk Wayang Indonesia”.

Simbolisasi pembukaan roadshow dilakukan pada hari Sabtu (06/04) di SMKN 3 Semarang oleh Bunyamin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan diserahkannya tokoh Wayang kepada Samiran MT, Kepala Sekolah SMKN 3 Semarang dan Dalang Cilik Jose serta disaksikan oleh Sapto Rachmadi, Senior Adviser Sekretariat Perusahaan BCA.

“Wajib hukumnya bagi kita semua untuk bersama-sama melestarikan wayang sebagai budaya Indonesia, terlebih kepada generasi muda. Dengan masuk kedalam siswa-siswi sekolah menengah, pembentukan karakter sejak awal diharapkan turut meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya wayang itu sendiri,” ujarnya Sapto Rachmadi, Senior Adviser Sekretariat Perusahaan BCA.

Rangkaian kegiatan WAYANG akan dilakukan dalam bentuk roadshow on air dan off air. Untuk program on air, WAYANG akan disiarkan secara langsung dari radio J FM sebanyak dua kali dalam sehari, prime time pagi dan sore hari, dari bulan Maret hingga Mei 2013.

Sementara untuk program off air terdapat lima sekolah yang akan dikunjungi untuk mensosialisasikan wayang itu sendiri dengan diisi berbagai bentuk kegiatan meliputi nonton bareng pementasan wayang kulit oleh dalang cilik, pengenalan tokoh wayang, talkshow dan diskusi mengenai sifat-sifat wayang, penampilan kreasi siswa-siswi sekolah menengah beserta hiburan lainnya.

Tidak hanya itu saja, lanjutnya, pada program off air juga terdapat edukasi mengenai perbankan secara umum seperti misalnya pembahasan mengenai gerakan menabung dan sosialisasi Beasiswa Bakti BCA dalam bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengatakan dukungan dari praktisi dan pelaku pada industri perbankan sangat diperlukan dalam memberikan trigger kepada generasi muda untuk mencintai budayanya sendiri.

“Kami menyambut baik dan mendukung sepenuhnya upaya BCA dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya wayang. Jika generasi muda sudah mencintai budaya wayang yang merupakan budaya bangsa mereka, maka fondasi kekuatan bangsa untuk menahan dan menghadapi serbuan negatif globalisasi akan semakin kuat,” tuturnya.

Konsistensi BCA dalam mendukung pelestarian dan perkembangan wayang telah dimulai sejak lama. Sebelumnya juga BCA telah mengadakan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap wayang dibawah payung program ‘BCA untuk Wayang Indonesia’.

“Inisiatif ini dilakukan dalam serangkaian kegiatan yang akan dijalankan dalam program BCA untuk Wayang Indonesia dan sekaligus merupakan bagian dari kegiatan sosial Bakti BCA dalam bidang budaya. Ini kami lakukan agar budaya wayang semakin dicintai masyarakat,” tutup Sapto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Puput Ady Sukarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper