Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI AS: Tingkat Pengangguran ke Titik Terendah 4 Tahun Terakhir

BISNIS.COM, WASHINGTON--Penciptaan lapangan kerja baru di Amerika Serikat menunjukan penurunan pada Maret 2013 seiring dengan pilihan  pengusaha untuk mempekerjakan lebih sedikit pegawai. Hal ini mendorong tingkat pengangguran di Amerika Serikat

BISNIS.COM, WASHINGTON--Penciptaan lapangan kerja baru di Amerika Serikat menunjukan penurunan pada Maret 2013 seiring dengan pilihan  pengusaha untuk mempekerjakan lebih sedikit pegawai. 

Hal ini mendorong tingkat pengangguran di Amerika Serikat jatuh ke titik terendah dalam empat tahun terakhir. 

Seperti dilansir Bloomberg, Sabtu (6/5/2013), data payroll, yang naik sekitar 88.000, mencatatkan pertumbuhan yang terkecil sejak sembilan bulan terakhir, sehingga mendorong turun angka pengangguran dari 7,7% menjadi 7,6%. 

Saham dan yield surat utang juga menunjukan pelemahan merespon berita tersebut. Pelaku pasar khawatir pemotongan anggaran yang telah dilakukan malah menekan laju pertumbuhan ekonomi. 

"Sebagian besar perusahaan AS masih menerapkan upaya ramping dan cenderung pelit," kata Ethan Harris, co-head of global economics research di Bank of America Corp. berbasis di New York. 

"Mereka sudah sangat disiplin untuk mengontrol tenaga kerja, pengeluaran dan investasi mereka. Ini adalah cerita sesungguhnya tentang bagaimana penghematan fiskal memukul ekonomi dan menunda apa yang harus menjadi perbaikan dalam pertumbuhan." 

Porsi penduduk usia kerja terhadap angkatan kerja, yang dikenal sebagai tingkat partisipasi angkatan kerja, turun menjadi 63,3%, terendah sejak Mei 1979. Rata-rata jumlah jam kerja untuk semua karyawan meningkat pada Maret, sementara pendapatan stagnan.(cfa/yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper