Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRAGEDI CEBONGAN: Belum Ada Kesimpulan Oknum TNI Terlibat

BISNIS.COM, JAKARTA -- Mabes Polri belum menarik kesimpulan dari hasil penyelidikan atas dugaan keterlibatan oknum TNI dalam tragedi pembantaian empat tahanan di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta, kendati Mabes TNI telah membentuk tim investigasi guna

BISNIS.COM, JAKARTA -- Mabes Polri belum menarik kesimpulan dari hasil penyelidikan atas dugaan keterlibatan oknum TNI dalam tragedi pembantaian empat tahanan di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta, kendati Mabes TNI telah membentuk tim investigasi guna memastikan dugaan keterlibatan anggotanya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar mengatakan terhadap hasil penyelidikan kasus Lapas Cebongan oleh tim investigasi Polri belum dapat ditarik sebuah kesimpulan.

“Terhadap hasil penyelidikan, kita belum bisa menarik kesimpulan. Belum ada kesimpulan siapa pelaku. Ini menjadi bagian dari proses penyelidikan yang sedang berjalan,” ujarnya saat konferensi pers, Selasa (2/4/2013).

Boy memaparkan bahwa Mabes Polri belum berbicara lebih jauh lagi soal hasil penyelidikan Lapas Cebongan. “Jadi, itu saja yang bisa dijelaskan.”

Mabes TNI telah membentuk tim investigasi guna memastikan atas dugaan keterlibatan anggota TNI dalam pembantaian empat tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) IIB Cebongan, Slemana, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 23 Maret 2013.

Saat ini, ada tiga tim investigasi yang menyelidiki kasus tersebut yaitu Mabes Polri, Mabes TNI, dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Menurutnya, Tim Investigasi Polri sendiri sedang melakukan penyelidikan dan penyidikan Lapas Cebongan. “Ini [penyelidikan dan penyidikan] berjalan simultan, bersama-sama. Mengembangkan rangkaian penyidikan.”

Dia meminta agar seluruh pihak memberikan kesempatan kepada masing-masing tim investigasi tersebut. Polri optimistis pada waktunya nanti akan berkoordinasi dari temuan masing-masing tim yang diperoleh. “Baik tim Polri, TNI, maupun Komnas HAM, nanti akan ada waktunya,” katanya. (dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper