Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUMAH SAKIT APUNG: Pekan Depan, Berlayar di Belitung Timur

BISNIS.COM, JAKARTA: Rumah Sakit Apung akan berlayar dari Jakarta menuju Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung pada 2-4 April 2013 guna melayani masyarakat di sana. Rencananya, terdapat 12 dokter yang akan diterjunkan.
Anugerah Perkasa
Anugerah Perkasa - Bisnis.com 28 Maret 2013  |  10:16 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA: Rumah Sakit Apung akan berlayar dari Jakarta menuju Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung pada 2-4 April 2013 guna melayani masyarakat di sana. Rencananya, terdapat 12 dokter yang akan diterjunkan.

DoctorShare, sebuah lembaga yang memfokuskan pada bantuan kemanusiaan dan yang menginisiasi rumah sakit mengapung itu, menyatakan pihaknya akan berlayar dari Jakarta 31 Maret 2013 dan diperkirakan sampai pada 1 April 2013. Dalam keterangannya, lembaga itu akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur dalam pelayanan medis.

Rumah Sakit Apung sendiri berukuran 23,5 x 6,55 meter dengan fasilitas rumah sakit seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, laboratorium, serta ruang rawat pasien. Fasilitas lainnya adalah ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur, toilet, dan ruang kemudi kapal.

"Dalam pelayanan medis di Belitung Timur, DoctorShare akan menerjunkan 12 dokter, dua perawat, dan empat relawan non-medis. Kegiatan ini juga akan dibantu oleh dua dokter dan delapan perawat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur," demikian keterangan pers yang dikutip pada Kamis, (28/3/2013).

Lembaga itu menyatakan pelayanan medis berupa pengobatan umum ditargetkan mencapai 400 warga, bedah minor 15 warga, dan bedah mayor bagi tiga hingga lima warga. Bedah minor akan dilakukan terhadap sebagian warga pada 2 April 2013. Sisa bedah minor dan pelayanan medis lainnya akan berlangsung tanggal 3 April 2013.

Pada 4 April 2013, DoctorShare berencana akan mengunjungi pasien pasca- operasi mayor dan melakukan koordinasi selanjutnya dengan tenaga kesehatan rumah sakit setempat.

"Dari Belitung Timur, Rumah Sakit Apung DoctorShare akan melanjutkan pelayanan medis ke Pulau Kalimantan dan berlanjut ke wilayah-wilayah lain di pelosok Indonesia guna membantu meringankan beban warga yang butuh layanan medis namun terkendala geografis dan finansial," demikian DoctorShare. (LN)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan rumah sakit apung belitung doktershare

Sumber : Anugerah Perkasa

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top