Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komisi Yudisial Akan Buka Penghubung di Enam Kota

BISNIS.COM, JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) akan membentuk enam kantor penghubung di enam kota besar untuk meningkatkan efektivitas penerimaan aduan, pemantauan persidangan hingga investigasi terkait dengan masalah dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku

BISNIS.COM, JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) akan membentuk enam kantor penghubung di enam kota besar untuk meningkatkan efektivitas penerimaan aduan, pemantauan persidangan hingga investigasi terkait dengan masalah dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim.

Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar mengatakan  pembukaan penghubung di daerah adalah dalam rangka melaksanakan amanat UU No.18/2011 tentang KY. Pemilihan enam kota itu, sambungnya,  juga  berdasarkan jumlah laporan terbanyak yang diterima lembaga tersebut. Tempat-tempat itu adalah Makassar, Sulawesi Selatan; Mataram, Nusa Tenggara Barat; Medan, Sumatra Utara; Samarinda, Kalimantan Timur; Semarang, Jawa Tengah; dan Surabaya, Jawa Timur.

“Pemilihan enam kota tersebut didasarkan pada jumlah laporan terbanyak yang diterima oleh KY,” kata Asep dalam situs resmi lembaga tersebut yang dikutip pada Sabtu, (16/3/2013). " Rekrutmen [pegawai] dilaksanakan terbuka melalui proses seleksi yang akan dlakukan berdasarkan prinsip transparan, partisipatif dan akuntabel."

Dia memaparkan pemilihan enam kota besar tersebut juga didasarkan kepada banyaknya kompleksitas kasus di pengadilan setempat dan regionalisasi wilayah d Indonesia. Menurut Asep, kantor penghubung nanti akan berfungsi untuk membantu KY dalam penerimaan laporan, pemantauan, investigasi dan sosialisasi.

Asep menegaskan semua kantor penghubung di daerah tersebut berada di bawah langsung pihak Sekretaris Jenderal KY yang anggarannya diambil dari APBN. Rencananya, penghubung akan terdiri dari satu orang kepala dan tiga staf, yang di antaranya membantu untuk masalah administrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa
Editor : Others
Sumber : Anugerah Perkasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper