Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS Balikpapan terjunkan 176 petugas sensus pertanian

BISNIS.COM, BALIKPAPAN--BPS Kota Balikpapan akan menerjunkan 176 petugas sensus guna melakukan sensus pertanian yang dijadwalkan pada Mei. Kepala BPS Kota Balikpapan Syahruni mengatakan para petugas tersebut akan dibagi dalam 44 kelompok yang terdiri

BISNIS.COM, BALIKPAPAN--BPS Kota Balikpapan akan menerjunkan 176 petugas sensus guna melakukan sensus pertanian yang dijadwalkan pada Mei.

Kepala BPS Kota Balikpapan Syahruni mengatakan para petugas tersebut akan dibagi dalam 44 kelompok yang terdiri dari 4 orang. Sebelum diterjunkan ke lapangan, para petugas sensus akan dibekali pelatihan yang dilakukan dalam empat gelombang.

“Petugas di lapangan akan menerapkan metode snowball dan door-to-door untuk memperoleh data sensus,” ujarnya, Senin (11/03).

Melalui sensus pertanian ini diharapkan bisa diketahui seluruh potensi pertanian dalam arti luas yang meliputi pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan perhutanan. Para penggarap dan pemilik lahan akan menjadi objek sensus yang dilakukan selama satu bulan tersebut.

Syahruni mengharapkan masyarakat dapat memberikan data dan keterangan secara jujur dan obyektif tentang sektor pertanian yang digeluti. Nantinya, data ini akan dipergunakan sebagai dasar penyusunan program pemerintah di masa mendatang.

Pelaksanaan sensus pertanian ini dilakukan setiap tahun yang berakhiran tiga. Rencananya, hasil sensus ini akan disampaikan dalam pidato kenegaraan presiden di Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus mendatang beserta hasil dari daerah lain.(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Others
Sumber : Rachmad Subiyanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper