Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

POSINDO BALIKPAPAN Gencarkan Promosi Layanan Jasa Keuangan

BALIKPAPAN--PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Balikpapan akan menggencarkan promosi layanan jasa keuangan pada 2013 guna meningkatkan pendapatan perseroan pada sektor tersebut. 
Arma Editor
Arma Editor - Bisnis.com 27 Desember 2012  |  17:59 WIB

BALIKPAPAN--PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Balikpapan akan menggencarkan promosi layanan jasa keuangan pada 2013 guna meningkatkan pendapatan perseroan pada sektor tersebut. 

Kepala PT Pos Indonesia (Posindo) Cabang Balikpapan Lyly Arianto mengatakan pihaknya telah memiliki kesiapan infrastruktur yang mendukung layanan jasa keuangan. Promosi dilakukan untuk mengenalkan produk tersebut secara luas karena masih ada beberapa pihak yang belum mengetahui layanan jasa keuangan yang dimiliki oleh kantor pos.

“Saat ini kontribusinya mencapai 40% dari total pendapatan. Kami berharap kontribusi itu terus meningkat,” kata Lyly, Kamis (27/12/2012). 

Layanan jasa keuangan yang dimiliki Posindo, seperti wesel pos dan pembayaran tagihan. Dia menyebutkan layanan tersebut bisa dilayani oleh seluruh jaringan kantor pos.

Kerja sama dengan pihak terkait seperti PLN dan Telkom dilakukan dalam layanan ini. Selain itu, beberapa mitra perusahaan pembiayaan yang memiliki nasabah pembayaran juga digandeng.

Rencananya, pihaknya juga menjajaki peluang kerja sama dengan PDAM pada masing-masing daerah. 

Lyly menyebutkan target pendapatan tahunan Posindo Cabang Balikpapan mencapai Rp20 miliar pada 2012. Hingga November, tambahnya, pihaknya telah mampu merealisasikan angka pendapatan sebesar Rp17 miliar.

Adapun untuk pengiriman surat dan logistik, Lyly menambahkan bisnis ini masih cukup baik karena pihaknya masih memiliki kerja sama dengan korporasi besar.

Pengiriman dokumen dalam jumlah besar memungkinkan untuk dilakukan karena pihaknya telah memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis sektor ini. 

Peningkatan kualitas layanan untuk pengiriman surat dan logistik juga dilakukan pihaknya seperti dengan penggantian metode pengiriman menggunakan truk. Sebelumnya, pengiriman barang menggunakan kontainer sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.

“Kalau pakai kontainer dari Surabaya ke Balikpapan memerlukan waktu 7-10 hari. Kalau pakai truk bisa hanya 2 hari dan itu sudah kami lakukan,” ujarnya. 

Efisiensi waktu perjalanan yang cukup signifikan, tambahnya, juga menyebabkan pergerakan barang semakin cepat. Kebutuhan barang yang mendesak akan bisa dipenuhi dalam waktu yang relatif singkat.

Selama ini, Posindo juga menjadi salah satu perusahaan pengangkut barang jamaah haji dari embarkasi ke bandara dan sebaliknya.

Bekerja sama dengan Damri, pengangkutan bagi jamaah tersebut dilayani sejak 2011. Lyly berharap kerja sama tersebut bisa terus berkembang dan membantu kemudahan beribadah bagi jamaah. (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top