Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

12-12-12: Selebrasi yang Tak Terlupakan

MARTIN Sulistio mungkin salah seorang yang paling beruntung hari ini karena bisa mendapatkan hotel bagus untuk melangsungkan pesta pernikahannya dengan gadis pujaannya, Cindy Djunaedi.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  10:04 WIB

MARTIN Sulistio mungkin salah seorang yang paling beruntung hari ini karena bisa mendapatkan hotel bagus untuk melangsungkan pesta pernikahannya dengan gadis pujaannya, Cindy Djunaedi.

Dibilang beruntung karena tidak mudah memperoleh hotel mewah pada tanggal bagus 12 Desember 2012 atau 12-12-12, hari ini.

Dia sengaja memesan Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta itu sejak tahun lalu agar pada saat hari istimewa itu tiba semuanya bisa berjalan tanpa hambatan.

Pesta pernikahan dari putra salah seorang pengusaha tersohor ini terasa sangat membekas karena bertepatan dengan tanggal cantik atau pada saat kalender Masehi menyentuh hari yang je-12, pada bulan ke-12 tahun 2012.Tak seperti khalayak ramai yang yakin tanggal tersebut membawa keberuntungan, Martin justru lebih terkesan dengan deretan angka kembar dalam kalender itu.

“Sepertinya ini tak akan pernah terjadi lagi meski hingga ribuan tahun mendatang,” tuturnya.

Dia juga bukan orang yang gampang percaya ramalan bangsa Maya kuno yang menyatakan kehancuran bumi akan terjadi pada periode Bak’tun 13 alias pada Desember tahun ini. Dia lebih bersikap pragmatis bahwa pernikahan pada tanggal cantik itu akan membuatnya bahagia dan mendapat keturunan yang berbudi baik.

Suara Aristo Kristandyo pada sore kemarin (11/12) lain dari biasanya. Manajer Pemasaran Citilink tersebut sedang bahagia karena pada 12/12/12, maskapai itu punya tiga acara sekaligus yang sudah dipersiapkan sejak lama.

Pada saat berbincang dia sangat antusias memerinci satu persatu acara untuk hari ini. Menurutnya, ada tiga kegiatan penting yang dua di antaranya adalah peresmian Citilink Hotel dan penandatanganan kerja sama maskapai itu dengan Travel Panorama.

Satu agenda lainnya adalah Citilink Jurnalist Awards. “Untuk agenda kerja sama dengan Panorama memang sengaja dipilih pada tanggal bagus. Ini berdasarkan pertimbangan fengshuinya. Untuk acara yang lain tidak ada pertimbangan itu, bahkan saya sendiri sempat tidak sadar [hari ini],” tuturnya.

Angka keberuntungan

Dalam sebuah obrolan dengan salah seorang penganut aliran numerologi (ilmu yang mempelajari karakter sifat dan watak manusia berdasarkan angka), angka 12/12/12 kalau dijumlahkan secara total hasilnya adalah 9, yang merupakan simbol angka keberuntungan. Ini berbanding terbalik dengan angka 4 dan 13 yang dianggap sial. Benar saja. Banyak pengembang yang sepakat dengan rumusan angka keberuntungan itu.

Lihat saja, pada hari ini setidaknya ada banyak seremonial peresmian properti di antaranya grand opening Alam Sutra Mall, Grand Wihz Hotel Kelapa Gading, peresmian Hotel Ciputra Cirebon, pembukaan Hotel The Stone Bali dan pembukaan office tower Batavia.

Direktur Keuangan PT Greenwood Sejahtera Tbk (GWSA) Bambang Dwi Yanto pun ketika dihubungi langsung semringah dan menjelaskan aksi korporasinya itu.

Perseroan akan mengadakan pembukaan menara pertama gedung perkantoran yang merupakan bagian dari kawasan terintegrasi TCC Batavia yang berlokasi di Jakarta Golden Triangle, K.H. Mas Mansyur, Jakarta Pusat.

Bambang beralasan memilih tanggal cantik tersebut agar lebih mudah diingat, walaupun sebenarnya momentumnya merupakan upaya memenuhi komitmen pada saat pertama melantai di bursa. Greenwood menargetkan bisa melakukan serah terima pada akhir tahun, sesuai dengan komitmen pada saat IPO pada akhir tahun lalu.

PT Pos Indonesia juga memilih tanggal yang sama untuk mengumumkan ekspansi bisnisnya. BUMN tersebut berencana meluncurkan program ritel Pos Shop dan e-commerce.

Manajemen Posindo memutuskan untuk mengembangkan dua lini usaha baru, yakni pada bidang ritel dan properti guna memacu kinerja keuangan.

Tepat pada 12/12/12, Parador Hotels & Resorts yang merupakan operator hotel baru di Indonesia bersama dengan perusahaan pengembang Paramount Group meresmikan empat hotelnya sekaligus.

Acara peresmian pertama dilakukan di Magelang pada pukul 08.30 WIB yaitu Atria Hotel & Conference Magelang (AHCM), hotel berbintang empat yang memiliki 144 kamar dengan kapasitas ballrom hingga 2.100 orang.

Pada pukul 17.00 WIB, acara dilanjutkan ke lokasi District Tivoli Paramount Serpong guna untuk meresmikan dua hotel terbaru lainnya yakni Atria Resi¬den¬ces Paramount Serpong (ARPS).

Selain itu, Best Western Star Hotel Semarang, hotel tertinggi di Jawa Tengah, juga dijadwalkan beroperasi pada 12 Desember 2012, menyusul tahapan proses pembangunannya yang telah mencapai lebih dari 90%.

“Dengan dua lantai basement dan 28 lantai kamar, hotel ini akan menjadi yang tertinggi di Jateng. Dan saat ini tinggal general cleaning untuk persiapan soft opening pada 12 Desember [hari ini],” ujar General Manager Best Western Star Hotel Semarang Brafely Sahelangi.

Di bidang seni pertunjukan, film garapan Rizal Mantovani berjudul ‘5 CM’ yang diadaptasi dari novel berjudul yang sama juga akan mencuri perhatian pada tanggal cantik ini. Film yang dibintangi oleh Ferdy Nuril, Herjunot Ali dan Pevita Pierce ini bercerita tentang persahabatan dan cinta

Menarik perhatian

Sederet angka kembar seringkali menarik perhatian. Banyak pasangan ataupun pelaku bisnis yang sengaja memilih tanggal, bulan, dan tahun yang memiliki kemiripan untuk melangsungkan pernikahan. Banyak pula para calon orang tua yang berharap anaknya lahir pada tanggal cantik tersebut.Ahli fengsui, astrolog, sekaligus peramal Putri Wong Kam Fu mengatakan angka 12 itu lambangnya kuda. Kuda selalu identik dengan kebaikan dan kecepatan.

“Besok [hari ini] juga masih dalam bulan Syuro. Jadi memang hari yang indah, hari yang baik-baik. Saya rasa kalau adanya ramalan soal kiamat, itu belum,” ujarnya.

Terkait dengan proyeksi bisnis dan ekonomi, Putri mengatakan kondisi tersebut masih berjalan baik dan tidak ada masalah yang mengkhawatirkan.

Dia melihat sektor transportasi dan jasa pengiriman barang cukup memiliki prospek positif. “Yang harus berhati-hati itu justru pada 2014.”

Ahli fengsui Suhu Acai menjelaskan 12/12/12 merupakan tanggal yang bagus dan mudah diingat. Untuk mencari jam, tanggal dan bulan 12 itu mudah. Namun, angka 12 yang ada secara bersamaan itu sangat jarang terjadi. “Secara fengshui, tanggal 12 itu seperti anak tangga. Artinya jaya sampai tua,” ujarnya.

Berdasarkan penanggalan Tiong Hoa, lanjutnya, tanggal 12-12-12 menjadi hari yang bagus. Hari yang langka itu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengawali sesuatu yang positif.Selebrasi 12/12/12 itu juga sampai merembes ke kehidupan masyarakat. Buktinya, ada saja masyarakat yang ‘memaksakan’ untuk melahirkan anaknya pada hari ini.

Namun, tanggal cantik hari ini tidak secara otomatis mengerek permintaan operasi caesar.Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Sutoto mengatakan tidak ada lonjakan berarti untuk permintaan operasi Caesar. “Bisa saja ada satu, dua orang yang mempercayai tanggal itu, tetapi tidak semua orang,” tuturnya.

Tanggal cantik ini ternyata juga tak memengaruhi penjualan tiket penerbangan. Ketua Bidang Tiketing Asosiasi Penjual Tiket Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengatakan tidak terlihat lonjakan pemesanan tiket pesawat rute dalam dan luar negeri. ([email protected])

(Reportase: Sukirno/Roberto Purba/Gita A.Cakti/Lahyanto Nadie/Berliana Elisabeth/Bunga Citra A.N./k39/yus/ilustrasi: classOf2016)

*Tulisan ini diadopsi dari Harian Bisnis Indonesia edisi Rabu, 12 Desember 2012 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top