Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRAYEK TRAVEL: Cipaganti layani rute Bontang-Samarinda

 

 

 

JAKARTA: PT Cipaganti Citra Graha akan terus mengupayakan izin trayek travel yang melayani rute di Bontang—Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan, meskipun terdapat upaya penolakan dari pesaing bisnis.

 

Chief Operation Officer (COO) Cipaganti Mulyadi mengatakan di Pulau Bornoe tersebut memang terdapat penolakan yang disinyalir direncanakan oleh pesaing bisnis yang tidak ingin Cipaganti masuk ke Kalimantan.

 

Padahal, katanya, ketika perusahaan masuk ke sana selalu memberdayakan tenaga atau sumber daya manusia lokal dan justru mengakomodasi pertumbuhan ekomomi daerah setempat dengan transportasi yang memadai.

 

Selain itu langkah masuknya perseroan di daerah tertentu di mana pun sebetulnya tidak datang dari rencana bisnis semata melainkan ada permintaan dari masyarakat atau Pemerintah Daerah agar Cipaganti masuk untuk menyerap tenaga kerja.

 

“Izin diberesin juga dan ekspansi juga. Soal penolakan itu memang dari kompetitor. Kami berupaya dengan prosedur memenuhi persyaratan izin, setiap pembukaan rute baru atau di daerah baru selalu SDM local menjadi prioritas,” katanya di Jakarta, siang ini, Selasa 22 Mei 2012.

 

Dia mengatakan memang ada upaya penolakan agar izin trayek perseroan tidak keluar. Seperti diketahui, puluhan sopir dan pengusaha travel Bontang sempat mendatangi kantor DPRD Bontang pada Selasa 15 Mei pekan lalu.

 

Tujuannya meminta DPRD dan Pemerintah menghentikan izin trayek travel Cipaganti yang melayani rute Bontang—Samarinda dan Balikpapan. Promo pembukaan trayek travel Cipaganti di wilayah tersebut dinilai meresahkan mengingat terjadi penurunan penumpang.

 

Cipaganti selama ini dikenal sebagai perusahaan transportasi yang mengoperasikan mikrobus di rute gemuk Jakarta—Bandung. Di samping itu, Cipaganti juga kini masuk ke pasar taksi dan penyewaan bus pariwisata.

 

Total, untuk di bisnis otojasa perseroan menargetkan pada 2015 bisa memiliki jumlah armada hingga 15.000 unit dari saat ini sekitar 3.500 unit.

 

Mulyadi mengatakan bisnis otojasa merupakan kontributor terbesar pendapatan perseroan antara 60%-70% sehingga penambahan armada adalah salah satu strategi pengembangan bisnis tersebut.

 

Dia mengatakan terkait dengan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO), pihaknya menunda realisasi melantai di bursa dari rencana awal semester I/2012 menjadi kuartal IV tahun ini karena kinerja tahun lalu yang di bawah perkiraan.

 

Dalam rencana terbaru IPO itu, perseroan akan menggunakan laporan keuangan Juni 2012, dari awalnya menggunakan buku Desember 2011. Dengan demikian terdapat jangka waktu 6 bulan tenggat sesuai dengan peraturan IPO jika tidak perseroan mesti menggunakan laporan keuangan terbaru.

 

“Penjualan kami sepanjang tahun lalu masih di bawah target, jadi diputuskan IPO akan menggunakan buku Juni 2011. Kami menargetkan penjualan bisa mencapai Rp60 miliar baru bisa IPO,” katanya.

 

Dia menuturkan perseroan tetap mempercayakan PT Batavia Prosperindo Sekuritas untuk menangani IPO senilai Rp500 miliar hingga Rp750 miliar itu. “Kami masih terus memproses IPO, penjamin emisi masih tetap sama dan target dana juga masih sama,” kata Mulyadi.

 

Dana hasil IPO akan digunakan perseroan yang berbasis di Bandung itu untuk ekspansi, khususnya di sektor pertambangan. Cipaganti mulai masuk ke bisnis batu bara tahun lalu dengan memiliki cadangan sedikitnya 38 juta ton di lima blok pertambangan di Kalimantan Timur, yakni Penajam (Kabupaten Penajam Pasir Utara), Long Kali (Kabupaten Paser), Muara Jawa dan Batuah (Kutai Kartanegara). (msb)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

METRODATA ELECTRONICS Siapkan Right Issue

PASAR SURAT UTANG: Investor Cenderung Wait & See

Danareksa Investment Rilis RDPT Infrastruktur

AKSI ALIBABA: Berniat Beli Sahamnya Dari Yahoo! Senilai US$7 Miliar

HARGA EMAS: Pasar Keuangan Tertekan, Logam Mulia Melonjak

TRANSAKSI AFILIASI: Adi Karya Pinjamkan APR Rp57,1 Miliar

TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

KASUS NARKOBA: Sabu-Sabu Di Sumut Banyak Berasal Dari Malaysia

TRAGEDI SUKHOI: Wah.. Ada Dugaan Penipuan Jamsostek!

JUSUF KALLA: Memimpin Bisnis Beda Dengan Pemerintahan

DAUD YORDAN Naik Ring Lagi Juli

 

ENGLISH NEWS:

PALM OIL Climbs As Biggest Weekly Drop In 5 Months Lures Buyers

PLN To Spend IDR2.54 Trillion For VILLAGE ELECTRICITY Program

ARC Broadens Relationship With ANGLO AMERICAN In Indonesia

MARKET OPENING: Index Fall 46.79 Point

MARKET MOVING: BCA Eyes IDR4 Trillion Infrastructure Loans

RUPIAH Advances Most In Two Weeks On CHINA Pledge

JANGAN LEWATKAN5 Kanal TERPOPULER Bisnis.Com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hery Trianto
Sumber : M. Tahir Saleh

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper