TANAH AMPO bangun ramp door pelabuhan Rp2,5 miliar

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 April 2012  |  16:21 WIB

 

DENPASAR: PT Karangasem Sejahtera dan PT Pelabuhan Indonesia III bekerja sama membangun ramp door di Pelabuhan Tanah Ampo dengan anggaran sebesar Rp2,5 miliar yang di dapat dari Pemerintah Kabupaten Karangasem.
 
Direktur Utama PT Karangasem Sejahtera Ida Bagus Wijana mengatakan anggaran tersebut untuk membangun ramp door agar kapal pesiar bisa merapat langsung ke dermaga. 
 
“Selama ini kapal kecil dan penumpang saja yang bisa merapat langsung ke dermaga, karena panjang dermaga hanya 150 meter saja sedangkan kapal pesiar bisa sampai 300 meter,” jelasnya  hari ini.
 
Ramp door adalah jembatan penghubung antara dermaga dan kapal umumnya terletak pada haluan atau buritan kapal, saat kapal merapat di dermaga ramp door akan terbuka ke bawah.
 
Selain itu, lanjutnya, dana tersebut juga sekaligus untuk perbaikan fasilitas pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Tanah Ampo Karangasem. “Target penyelesaian secara keseluruhan harus selesai tahun 2012 ini."
 
General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Benoa Iwan Sabatini mengatakan Pelabuhan Tanah Ampo memang perlu penambahan fasilitas dan kelengkapan agar semakin menarik untuk disinggahi kapal pesiar khususnya milik wisatawan asing yang bersandar.
 
“Seperti pada bulan Januari hingga Februari lalu, jumlah kapal pesiar yang bersandar di Tanah Ampo sudah mulai ramai lagi maka fasilitas kelengkapan harus juga menunjang,” ujarnya hari ini.
 
Berdasarkan data, PT Karangasem Sejahtera sudah mengantongi izin Menteri Perhubungan (Menhub) RI dengan dikeluarkannya Surat Keputusan No. KP 108/2012 tentang Pemberian Izin Usaha pada PT Karangasem Sejahtera sebagai Badan Usaha Pelabuhan.
 
PT Karangasem Sejahtera ditugaskan mengelola Dermaga Cruise Tanah Ampo bekerja sama dengan Pelindo III.(sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Steffi Purba

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top