HTC Corp alami penurunan laba 70%

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 08 April 2012  |  20:08 WIB

 

TAIPEI: HTC Corp, produsen ponsel pintar terbesar kedua di Asia, mencatat penurunan laba terbesar sejak tercatat di bursa satu dekade lalu. Penurunan terjadi karena penjualan merosot di tengah persaingan dari Apple Inc dan Samsung Electronics Co. 
 
Perusahaan menyatakan laba bersih kuartal I sebesar NT$4,46 miliar, setara US$151 juta, turun 70% dari tahun sebelumnya. Estimasi rata-rata 17 analis yang dikumpulkan Bloomberg yakni laba sebesar NT$4,62 miliar.
 
Februari lalu, Chief Financial Officer HTC Winston Yung mengatakan HTC "menjatuhkan bola" pada produk barunya selama kuartal IV, mendorong persediaan lebih tinggi dan mendorong perusahaan memperkirakan "transisi" terjadi pada kuartal I.
 
Para analis menilai Penurunan terjadi karena penjualan merosot di tengah persaingan dari Apple  dan Samsung Electronics.
 
"Pertumbuhan penjualan HTC pada kuartal II 2012 dari basis yang rendah harus melebihi para kompetitor Apple dan Samsung," tulis Dale Gai, analis Barclays Plc di Taipei, seperti dikutip Bloomberg
 
Pendapatan untuk kuartal I 2012 turun 35% menjadi NT$67,8 miliar. Nilai ini di bawah rata-rata estimasi 22 analis yang dikumpulkan Bloomberg yakni NT$71,1 miliar dan prediksi HTC yaitu NT$65 miliar hingga NT$70 miliar. 
 
"Kami hanya menjatuhkan bola pada berbagai produk pada kuartal IV. Faktor bentuk bisa lebih baik dan desain produk bisa lebih baik. Jadi kami telah belajar dari produk pada kuartal IV," kata Yung pada 6 Februari lalu. 
 
Dia menggambarkan kuartal I sebagai masa transisi dan memperkirakan terjadi penurunan penjualan. HTC dijadwalkan memperbarui prediksi pada kuartal II  dan membahas hasil kuartal I dalam konferensi yang dieglar akhir bulan ini. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bloomberg / Gloria Natalia

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top