PILKADA DKI: Nachrowi Ramli kunjungi korban banjir

 
Sekretariat Redaksi
Sekretariat Redaksi - Bisnis.com 03 April 2012  |  22:30 WIB

 

JAKARTA: Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Nachrowi Ramli di bawah guyuran hujan mengunjungi warga korban banjir di RT 05 Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat pada malam ini, Selasa, 3 April 2012.
 
Kedatangan Nachrowi, yang akan maju pada pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta 2012 berpasangan dengan Fauzi Bowo, yang masuk ke lokasi genangan air mendapat sambutan antusias dari warga setempat.
 
“Saya datang untuk melihat langsung dan sekaligus ikut merasakan penderitaan warga yang menjadi korban banjir. Selain itu saya ingin mendapat masukan langsung dari warga tentang penanganan banjir di wilayah mereka,” kata Bang Nara, panggilan akrab Nachrowi, hari ini.
 
Sementara itu, Kepala Humas Pemprov DKI Cucu Ahmad Kurnia mengatakan Gubernur DKI Fauzi Bowo telah menginstruksikan kepada seluruh instansi terkait segera membangun posko pelayanan masyarakat, termasuk dapur umum dan layanan kesehatan di dekat lokasi banjir.
 
“Sebab, banjir kiriman dari daerah hulu sungai yang melintasi kota Jakarta sewaktu-waktu bisa datang, sehingga semua posko yang sudah ada agar segera dioperasikan guna mengantisipasi banjir,” ujarnya.
 
Menurutnya, Gubernur meminta instansi terkait terus memantau perkembangan arus air di Kali Ciliwung melalui Pintu Air Katulampa Bogor, dan permukaan Kali Angke melalui Cengkareng Drain.
 
Sebab, lanjutnya, kondisi pada pukul 18.00 tadi permukaan air Pintu Air Katulampa naik mencapai 120 cm dengan status siaga 2, dan Cengkareng Drain mencapai 260 cm. Seluruh pintu air itu sudah dibuka, sehingga berpotensi cukup tinggi terjadi banjir kiriman di Jakarta.
 
Cucu menjelaskan berdasarkan data Satuan Tugas Pengendalian Banjir DKI Jakarta, kawasan berpotensi menerima banjir kiriman dari aliran Kali Ciliwung adalah Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus Cawang, Bukit Duri, Kampung Baru, Bidara Cina, Kampung Melayu.
 
“Diperkirakan permukaan air Kali Ciliwung yang melintas di kawasan itu akan naik besok pagi, Rabu sekitar pukul 04.00, sehingga warga daerah tersebut diminta agar tetap waspada dan segera mendatangi posko-posko yang sudah disiapkan oleh pemprov,” katanya.
 
Menurutnya, kawasan sekitar aliran Kali Angke yang menjadi titik rawan banjir antara lain Duri Kosambi, Rawa Buaya, Green Garden, Cengkareng dan Kedoya. Kepada warga setempat agar waspada, karena permukaan air Kali Ciliwung akan besok pagi akan naik pada pukul 05.00 WIB.
 
Untuk itu, lanjutnya, Dinas Pekerjaan Umum DKI telah menyiagakan sedikitnya 646 anggota satgas banjir yang disebar di hampir semua wilayah rawan banjir di Ibu Kota, didukung dengan 334 unit pompa air berkapasitas 358 m3 per detik yang ditempatkan di 121 lokasi.
 
Selain itu, 71 unit truk pikap, 25 unit alat berat seperti Beco, 32 unit pompa air mobile, 38.500 buah karung pasir dan 6 perahu karet. Semua peralatan itu siap dioperasikan untuk menanggulangin banjir dan membantu evakuasi warga yang menjadi korban banjir. (LN)
 

*) Untuk membaca berita-berita dan memperoleh referensi terpercaya dari harian Bisnis Indonesia, silahkan klik epaper.bisnis.com. Anda juga bisa berlangganan epaper Bisnis Indonesia dengan register langsung ke Bisnis Indonesia edisi digital. (arh)

 

>> BACA JUGA:

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top