Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Berlusconi akhirnya mundur

ROMA – Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi mengundurkan diri Sabtu, setelah majelis rendah parlemen menyetujui tuntutan reformasi, mengakhiri era 17 tahun transisi gerakan politik yang  bertujuan membawa  kembali negara itu selamat

ROMA – Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi mengundurkan diri Sabtu, setelah majelis rendah parlemen menyetujui tuntutan reformasi, mengakhiri era 17 tahun transisi gerakan politik yang  bertujuan membawa  kembali negara itu selamat dari jurang krisis ekonomi.

 

Sebuah penggalan lagu Handel "Haleluya," dilakukan oleh lusinan penyanyi dan musisi klasik, terdengar di depan istana presiden saat ribuan warga Italia berkumpul di pusat kota Roma untuk bersukacita merayakan akhir pemerintahan Berlusconi yang diwarnai banyak skandal.

 

Para pemrotes berteriak "badut, badut!" saat iring-iringan Berlusconi masuk dan keluar dari istana presiden. Dia mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Giorgio Napolitano, kata pernyataan resmi.

 

Mantan komisaris Eropa Mario Monti yang dihormati dianggap sebagai pilihan utama pengganti Berlusconi sebagai kepala pemerintahan transisi, untuk mencoba mengarahkan Italia keluar dari kesengsaraan utang. Namun, sekutu Berlusconi tetap terpecah apakah mendukung Monti atau tidak.

 

Oposisi diharapkan tidak akan menjegal rencana Napolitano untuk meminta Monti membentuk pemerintah sementara setelah Berlusconi mengundurkan diri.

 

Napolitano diperkirakan akan mengadakan konsultasi Minggu dengan semua kekuatan politik Italia sebelum melanjutkan dengan pencalonan Monti. Sabtu malam, partai Berlusconi mengatakan akan mendukung Monti, meskipun dengan syarat.

 

Napolitano menandatangani undang-undang Sabtu sore yang membuka jalan bagi Berlusconi untuk mundur. Ia memimpin pertemuan kabinet terakhirnya Sabtu malam.

 

Di luar kantor Berlusconi, ratusan warga berkumpul untuk menyaksikan jam-jam terakhir pemerintahannya yang terus dicela. "Malu!", "Keluar!" teriak orang banyak, sambil menenteng poster "Bye Bye Partai Silvio" saat mereka berbaris melalui pusat kota Roma, sebuah indikasi bahwa sudah waktunya bagi Berlusconi untuk pergi.

 

Pendukung Berlusconi juga dengan kekuatan, beberapa menyanyikan lagu kebangsaan, tapi mereka kalah jumlah.

 

Berlusconi (75 tahun) menjadi perdana menteri terlama di Italia yang berkuasa sejak 1994. Namun tugasnya sebagai perdana menteri dicemari oleh pengadilan korupsi dan tuduhan bahwa ia menggunakan kekuatan politik untuk membantu kepentingan bisnis.

 

Berlusconi pernah dituduh terlibat dalam skandal seks, dan membayar seorang gadis  berusia 17 tahun, namun tuduhan itu dibantahnya.

 

Italia berada di bawah tekanan untuk cepat menempatkan pemerintahan baru guna mendorong reformasi serta langkah-langkah penghematan untuk menangani utang yang mencapai 1,9 triliun euro atau setara US$2,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Associated Press

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper