Honda penetrasi Supra X 125cc ke Jatim

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 September 2011  |  14:03 WIB

 

SURABAYA: PT Mitra Pinasthika Mulia, distributor utama sepeda motor merk Honda untuk wilayah Jawa Timur, menargetkan penjualan Supra X 125cc Helm-In mencapai 2.000 unit hingga akhir September 2011.
 
Suwito, Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Honda Jatim menyatakan produk tersebut baru saja diluncurkan,  sehingga target penjualannya tidak dipatok terlalu tinggi.
 
"Pada bulan pertama setelah peluncuran, yakni September 2011, kami hanya target 2.000 unit. Tapi pada bulan-bulan berikutnya akan terus kami tingkatkan," katanya hari ini.
 
Suwito menambahkan produk baru ini akan melengkapi product line up motor Honda jenis bebek yang selama ini sudah ada, termasuk pendahulunya Supra X CW.  Dengan adanya produk baru ini diharapkan penjualan motor bebek Honda oleh MPM naik menjadi sekitar 11.000 unit dari yang biasanya hanya 9.000 unit.
 
MPM mencatatkan total penjualan motor Honda sudah mencapai 438.195 unit per Agustus 2011 atau 75% dari target akhir tahun sebanyak 750.000 unit. Sebanyak 71% pembayaran oleh konsumen dilakukan secara kredit.
 
Dendy Sean T, Direktur Keuangan MPM Honda Jatim menuturkan motor bebek berkontribusi sebesar 34,3% terhadap penjualan, sementara jenis matic mendominasi dengan kontribusi 54,4%, dan sisanya berasal dari jenis motor Sport dengan 11,4%.
 
"Di Jawa Timur, pangsa pasar motor bebek Honda masih cukup tinggi, yakni 63,2%. Maka dari itu kami berupaya memperkuat pangsa pasar itu dengan produk-produk baru," jelasnya.
 
Dendy optimis  pangsa pasar motor Honda di Jawa Timur akan terus tumbuh, baik yang jenis matic, bebek, maupun sport, kendati sempat ada masalah kekurangan suplai di semester I tahun ini akibat bencana tsunami di Jepang.
 
"Apalagi tahun ini ada panen sejumlah komoditas yang menjadi andalan Jawa Timur, sehingga daya beli masyarakat akan ikut terkerek naik," ungkapnya. 
 
Agustus tahun lalu, pangsa pasar motor Honda di Jawa Timur hanya mencapai 50,1%. Sementara periode yang sama tahun ini pangsa pasar motor Honda di Jatim sudah mencapai 60,6%. (sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bunga Citra Arum N

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top