Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mark Zuckerberg: Saya Bertanggung Jawab Secara Pribadi Atas Penyalahgunaan Data Facebook

CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bertanggung jawab secara pribadi karena membiarkan pihak ketiga mengakses data pengguna Facebook tanpa izin dan mengatakan perusahaan akan memulai upaya dalam tiga tahun ke depan untuk mencegahnya terulang kembali.
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Istimewa
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bertanggun jawab secara pribadi karena membiarkan pihak ketiga mengakses data pengguna Facebook tanpa izin dan mengatakan perusahaan akan memulai upaya dalam tiga tahun ke depan untuk mencegahnya terulang kembali.

"Saya memulai tempat ini, saya menjalankannya. Saya bertanggung jawab atas apa yang terjadi di sini," kata Mark saat melakukan panggilan telepon dengan wartawan pada Rabu (4/4/2018), seperti dikutip CNBC.

Tidak ada yang dipecat di Facebook karena skandal kebocoran data Analytica Cambridge, ungkapnya. Namun dia mengakui perusahaan tidak cukup fokus untuk mencegah penyalahgunaan dan meminimalkan dampak hal tersebut.

Dia menambahkan, "Saya akan melakukan pekerjaan terbaik untuk menjalankannya, tetapi saya tidak akan melempar tanggung jawab kepada siapa pun."

Facebook telah diawasi ketat atas penyalahgunaan data pengguna, terutama setelah bukti campur tangan Rusia melalui iklan selama pemilihan presiden AS tahun 2016 ditemukan.

Pada bulan Maret, The Guardian dan New York Times melaporkan perusahaan konsultan Cambridge Analytica menggunakan data pribadi yang diperoleh dengan tidak benar melalui aplikasi kuis untuk menemukan pemilih potensial Presiden Donald Trump.

Mark menambahkan, proses untuk menjaga Facebook adalah upaya yang akan berlangsung beberapa tahun. Perusahaan akan fokus pada tiga tahun ke depan tetapi berkomitmen untuk pekerjaan yang sedang berjalan.

Sementara upaya tersebut mungkin secara bertahap menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, Mark tidak berharap prosesnya akan diperbaiki dalam waktu dekat mengingat betapa rumitnya Facebook dan berapa banyak sistem yang ada.

Facebook memiliki 15.000 karyawan yang menangani keamanan dan meninjau konten, dan akan ditambah hingga 20.000 karyawan pada akhir tahun, kata Zuckerberg.

Dia juga menekankan bahwa Facebook tidak menjual informasi pengguna yang dikumpulkannya, meskipun mungkin menggunakan informasi tersebut untuk membantu pengiklan menargetkan iklan dengan lebih efektif.

"Saya pikir kita perlu melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjelaskan prinsip-prinsip dari apa yang kita kerjakan di belakang," katanya mengenai pemahaman pengguna bahwa mereka memilih untuk berbagi konten profil dengan teman-teman. "Kami tidak akan pernah menjual informasi Anda."

"Cara kami menjalankan layanan adalah: Orang-orang berbagi info, kami menggunakannya untuk membantu orang terhubung. Kami menjalankan iklan untuk Facebook layanan gratis yang bisa digunakan semua orang di dunia,” ujar Mark.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper