Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harapan Mantan Hakim MK Hamdan Zoelva kepada Anwar Usman & Aswanto

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva memiliki banyak harapan terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Aswanto.
Hamdan Zoelva (kiri)/Antara
Hamdan Zoelva (kiri)/Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva memiliki banyak harapan terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Aswanto.

“Hal yang terpenting kita harapkan tetap menjaga marwah dan kewibawaan MK [Mahkamah Konstitusi], independen, tidak memihak dan putusan-putusannya dihormati dengan baik,” katanya setelah pembacaan sumpah oleh kedua pimpinan MK yang baru tersebut, Senin (2/4/2018).

Hamdan menyebut, kedua orang tersebut baru menjabat hakim konstitusi dengan latar belakang hakim Mahkamah Agung dan akademisi. Hal tersebut menurutnya komposisi yang bagus untuk memimpin MK apa lagi dalam menghadapi tahun politik.

“Apa lagi memasuki tahun politik 2018 dan 2019, tahun-tahun yang panas dan semua akan mengharapkan pengayoman dari MK,” katanya.

Hamdan berharap MK dapat menjaga kepercayaan publik dan pimpinan baru MK benar-benar menjalankan tugas sesuai amanah.

“Orang yang baik, orang yang tawadhu, orang yang tulus dalam menjalankan tugas, itu saya kira modal yang paling penting. Modal utama adalah integritas. Harapan kita dengan modal itu bisa membawa MK lebih baik. Bagaimana pun juga dengan dukungan kuat dari delapan hakim MK akan memperkuat,” lanjutnya.

Di sisi lain dia pun angkat bicara terkait masalah integritas Ketua MK periode sebelumnya, Arief Hidayat. Menurutnya masalah MK tersebut selesai dengan keputusan Arief tidak lagi ikut dalam pemilihan ketua.

Dia pun menyebut, langkah Arief yang cukup bijak untuk tidak kembali mencalonkan diri. Sebelumnya, Arief terjerat masalh etika karena terlibat lobi politik dengan anggota dewan.

Berbagai kalangan masyarakat sempat meminta Arief mengundurkan diri dari posisinya sebagai salah satu hakim MK.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper