Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal KA Kaligung Semarang-Brebes Ditambah 2 Trip

PT KAI Daerah Operasional (DAOP) IV Semarang melakukan penambahan 2 perjalanan Kereta Api Kaligung, untuk melayani mobilitas penumpang dari Kota Semarang menuju ke Kabupaten Brebes yang semakin tinggi.
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Satriyo Hidayat Saat Melepas Kereta Api Kaligung Menuju Brebes Jumat (16/3/2018). Bisnis/ Alif Nazzala Rizqi
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Satriyo Hidayat Saat Melepas Kereta Api Kaligung Menuju Brebes Jumat (16/3/2018). Bisnis/ Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG - PT KAI Daerah Operasional (DAOP) IV Semarang melakukan penambahan 2 perjalanan Kereta Api Kaligung, untuk melayani mobilitas penumpang dari Kota Semarang menuju ke Kabupaten Brebes yang semakin tinggi. 

Wiwik Widayanti, Executive Vice President PT KAI DAOP IV mengatakan, penambahan perjalanan dari yang semula 8 menjadi 10 diharapkan bisa membantu masyarakat yang berpergian dari Semarang menuju ke Brebes maupun sebaliknya. 

"Penambahan perjalanan Kereta Api Kaligung merupakan jawaban dari banyaknya permintaan dari penumpang, yang merasa kurang akan perjalanan Kereta Api Kaligung selama ini. Kebanyakan mereka merupakan pendatang yang bekerja di Semarang," Kata Wiwik hari ini Jumat (16/3/2018).

Kereta Api Kaligung terdiri dari 7 gerbong dengan kapasitas 560 tempat duduk dengan stasiun tempat turun naik penumpang diantaranya : Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Weleri, Stasiun Pekalongan, Stasiun Pemalang, Stasiun Tegal dan Stasiun Brebes.

Dikatakan Wiwik setiap akhir pekan Kereta Api Kaligung ada penambahan gerbong, yang semula 7 menjadi 9. 

Wiwik menambahkan, Kereta Api Kaligung merupakan kereta yang telah lama menjadi andalan PT KAI DAOP IV untuk memperoleh banyak pendapatan. Pasalnya, kereta tersebut selalu penuh oleh penumpang baik dari Semarang menuju Brebes maupun sebaliknya.

Diketahui jumlah penumpang Kereta Api Kaligung terus mengalami peningkatan. Secara keseluruhan tahun lalu jumlah penumpang mencapai 1,4 juta dengan 8 perjalanan kereta. Diharapkan dengan penambahan 2 perjalanan baru jumlah penumpang bisa meningkat. 

"10 rangkaian kereta diharapkan bisa menampung seluruh penumpang yang berpergian baik dari Brebes menuju Semarang maupun Sebaliknya. Secara otomatis dengan penambahan ini penumpang semakin banyak dan pendapatan pasti meningkat," katanya.

Wiwik menjelaskan, secara keseluruhan jumlah penumpang Kereta di PT KAI DAOP IV berjumlah 5,8 juta pada 2017 naik 15% dibandingkan dengan 2016 hanya 5 juta penumpang.

Jadwal KA Kaligung Semarang-Brebes Ditambah 2 Trip

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI DAOP IV Suprapto menuturkan, menjelang hari raya Nyepi jumlah penumpang meningkat 2% dibandingkan dengan hari biasa. Kendati telah menambah 1 gerbong kapasitas 25 penumpang, pada rangkaian kereta Argo Muria, Argo Sembrani dan Argo Anggrek.

"Khusus untuk Hari Raya Nyepi kami telah menambah 1 gerbong untuk jenis kereta tertentu. Namun, jumlah penumpang di KA DAOP IV masih wajar seperti akhir pekan sebelumnya," ucapnya.

Disisi lain Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Satriyo Hidayat menyambut baik penambahan perjalanan Kereta Api Kaligung. Pasalnya, bisa mengurangi angka kemacetan jalan raya akibat banyak orang lebih memilih naik kereta api dibandingkan mobil pribadi.

"Penambahan perjalanan kereta kami rasa perlu untuk mengurangi kemacetan jalan raya tinggal sosialisasi saja untungnya naik kereta api. Kami juga berharap, setelah penambahan kereta kali ini perekonomian masyarakat semakin maju khususnya untuk jalur yang dilewati oleh Kereta Api Kaligung," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper