Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Khawatir Dengan Masuknya Perguruan Tinggi Asing

Pengelola perguruan tinggi nasional tidak perlu khawatir dengan kemungkinan perguruan tinggi asing beroperasi di Indonesia.
Ilustrasi/jibi
Ilustrasi/jibi

  
Kabar24.com, JAKARTA - Pengelola perguruan tinggi nasional tidak perlu khawatir dengan kemungkinan perguruan tinggi asing beroperasi di Indonesia.

Rektor Universitas Tarumanegara (Untar) Profesor Agustinus Purna Irawan mengatakan, keberadaan kampus asing tidak perlu ditakuti atau dikhawatirkan.

"Mahasiswa kalau mau ke luar negeri karena memang ingin tinggal di sana dan menimba ilmu di kampus sana. Tentu saja beda misalnya, Harvard yang di Amerika Serikat dengan yang di Cibinong," ujar Purna dalam konferensi pers keberangkatan 20 mahasiswa Untar ke Universitas Kun San Taiwan di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, dengan beroperasional kampus asing di Tanah Air maka terdapat ancaman dan juga peluang. Ancamannya karena perguruan tinggi asing akan membawa kualitas yang baik, kalau perguruan tinggi swasta (PTS) tidak siap maka akan menjadi ancaman.

"Sementara untuk peluang, kita jadi tahu seperti apa kualitas mereka. Selama ini kalau mau studi banding harus jauh ke Eropa atau Amerika, nah dengan keberadaan di sini maka bisa saling berbagi informasi akan mudah.

Untar sendiri, lanjutnya, siap untuk berkolaborasi dengan kampus asing. Selama ini pihaknya sering melakukan kerja sama dengan kampus asing. "Hal itu sudah diimplementasikan dengan baik dengan baik."

Purna menambahkan lebih kampus asing yang masuk ke Tanah Air, berbasis pada teknologi terbarukan karena hal itu masih kurang.

Saat disinggung mengenai apakah keberadaan kampus asing ini akan meningkatkan kualitas? Purna menjelaskan bahwa saat ini banyak PTS yang berusaha untuk meningkatkan kualitas.

"Kalau untuk PTS yang besar atau kuat tidak masalah, tapi yang kecil-kecil untuk hidup saja susah. Tapi ya memang, kalau untuk orang tuanya menengah kebawah agak sulit juga ke sana, tetap yang menanganinya PTS," papar dia.

Menurutnya, pasar dari kampus asing itu tidak akan mematikan kampus kecil karena tersegmentasi. Dengan demikian, kampus asing tidak mengambil semua pasar yang ada.

"Mahasiswanya mungkin saja kebanyakan nantinya mahasiswa asing, yang ingin bekerja di Indonesia. Saat ini, di Untar sendiri banyak mahasiswa asing yang kuliah di sini, karena mereka melihat Indonesia itu peluang kerja terbuka luas," ujar Purna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper