Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta Kekayaan Marsekal Hadi dan Alasan Paling Cocok Jadi Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyebut Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto cocok menjadi penggantinya.
Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto/Antara
Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyebut Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto cocok menjadi penggantinya.

"Pak Hadi cocok untuk menjadi Panglima TNI dalam tahun politik, itu harus sama-sama kita yakini, Presiden yang pakai kok," kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (5/12/2017).

Gatot mengatakan bahwa di antara tiga kepala staf angkatan, yang paling memenuhi syarat menjadi panglima pada tahun politik adalah KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto, yang lahir di Malang pada 8 November 1963, dianggap paling sesuai karena sejak awal sudah dipersiapkan dan baru pensiun setelah tahun politik berlalu.

Bila dianggap cocok jadi Panglima TNI, berapa kira-kira jumlah harta kekayaan Hadi Tjahjanto?

Dikutip dari Antara, Senin (4/12/2017), total harta kekayaan Hadi mencapai Rp5,001 miliar dan 60 ribu dolar AS.

Jumlah kekayaan itu termuat dalam laman acch.kpk.go.id berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Hadi yang diserahkan pada 24 Juni 2016 saat ia masih menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden.

Hadi memiliki harta tidak bergerak berupa dua bidang tanah di Malang dan satu bangunan di kota Jakarta Selatan senilai Rp594,108 juta. Dia juga tercatat memiliki tiga mobil yaitu Toyota Kijang, Kijang Innova, Honda CR-V dan satu motor Honda yang seluruhnya bernilai Rp515,7 juta.

Harta lain adalah logam mulia sejumlah Rp391,875 juta; giro dan setara kas lain sejumlah Rp3,5 miliar dan 60 ribu dolar AS.

Presiden Joko Widodo pada hari Senin (4/12/2017) mengirimkan surat kepada pimpinan DPR yang mengusulkan agar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun pada 1 April 2018.

Hadi baru menjabat sebagai KSAU pada 18 Januari 2017.

Ia pernah menjabat Irjen Kementerian Pertahanan (2016-2017), Sekretaris Militer Presiden (2015-2016), Komandan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang (2015), Kepala Dinas Penerangan TNI AU (2013-2015), Komandan Lanud Adi Sumarmo Solo (2010-2011)

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan sekolah penerbang TNI AU tahun 1987.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper