Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JATENG 2018 : Gerindra-PAN Ingin ‘Head to Head’ Lawan PDIP

Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah menginginkan head to head dengan PDI Perjuangan dalam Pilgub Jawa Tengah 2018.
Sudirman Said/JIBI-Dedi Gunawan
Sudirman Said/JIBI-Dedi Gunawan

Kabar24.com, JAKARTA - Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah menginginkan head to head dengan PDI Perjuangan dalam Pilgub Jawa Tengah 2018.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng Sriyanto Saputro mengajak partai lain untuk bergabung dan head to head melawan PDI Perjuangan. Pasalnya, di Jawa Tengah hanya PDI Perjuangan yang bisa mengusung sendiri calonnya.

"Kalau (Partai) yang lain sepakat, maka ayo bareng-bareng sama Gerindra bertarung head to head dengan PDIP. Esensinya kami siap melawan PDI Perjuangan seperti di DKI," ungkap Sriyanto kepada Tempo, Kamis (19/10/2017).

Sriyanto mengatakan untuk Pilgub Jawa Tengah, Gerindra sudah cocok dengan dua partai lain yakni PAN dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, pihaknya juga tak menutup kemungkinan mengajak partai lain seperti PKB yang sudah mendeklarasikan mengusung mantan Menteri Desa dan PDTT, Marwan Jafar sebagai calon gubernur.

"Target kami di posisi gubernur, namun luwes. Kalau dilihat hasil survei dua calon kami pantas di posisi wakil gubernur, ya kenapa tidak," terang Sriyanto.

Hingga kini, nama calon gubernur di DPD Partai Gerindra sudah mengerucut pada dua nama yang memperebutkan rekomendasi partai, yakni kader internal Feri Juliantono dan mantan Menteri ESD Sudirman Said.

Sriyanto mengaku keduanya sedang berlomba meningkatkan elektabilitas dan popularitas.

Hal serupa dikemukakan Sekretaris DPW PAN Jateng, Umar Hasyim. Ia mengaku pilgub dengan calon head to head akan lebih mudah menggalang dukungan. Menurutnya jika calon yang maju lebih dari dua pasang, kondisi dukungan suara akan mudah pecah.

"Kalau head to head ini akan lebih all out. Dukungan lebih jelas arahnya, serta lebih efisien pelaksanaannya. Kami jelas mendukung head to head. Lawannya siapa, kita lihat dulu apakah hanya memang PDIP saja atau PDIP koalisi dengan yang lain. Harapannya yang terbentuk adalah kontestasi head to head," terang Umar.

Mengenai siapa calon yang akan didukung PAN, Umar mengaku mendapatkan pesan untuk mendekat kepada Sudirman Said. Hal tersebut sudah diwujudkan partainya, sembari menunggu poros yang akan terbentuk dalam Pilgub Jateng.

"Namun kita juga tidak menutup kemungkinan dengan pihak lain, baik pada incumbent atau yang lain," tandas Umar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper