Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Dominan Kecelakaan di Jalur Puncak

Sejumlah kecelakaan akhir-akhir ini kerap terjad di jalur Puncak, Bogor dalam waktu yang tidak berjauhan. Ternyata ini penyebab yang paling dominan.
Kecelakaan melibatkan 4 kendaraan di  Jl Raya Puncak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Minggu pagi ini (30/4/2017)./TMCPoldaMetro
Kecelakaan melibatkan 4 kendaraan di Jl Raya Puncak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Minggu pagi ini (30/4/2017)./TMCPoldaMetro

Kabar24.com, JAKARTA - Sejumlah kecelakaan akhir-akhir ini kerap terjad di jalur Puncak, Bogor dalam waktu yang tidak berjauhan.

Sabtu (22/4/2017) kecelakaan terjadi di Jalan Raya Puncak, Gadok, Bogor dan menewaskan empat orang. Tak lama berselang, pada Minggu (30/4) kecelakaan kembali terjadi di Jalan Raya Puncak, Ciloto, Jawa Barat. Kecelakaan ini pun menewaskan 11 orang. Pada Selasa (2/5/2017) kecelakaan kembali terjadi di Jalur Puncak-Cipanas yang tak jauh dari lokasi kecelakaan sebelumnya. Kali ini, supir truk menjadi korban tewas dan dua lainnya mengalami luka berat.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan kecelakaan pada umunya bisa terjadi akibat tidak terpenuhinya satu atau lebih unsur dari lima pilar keselamatan berlalu lintas. Untuk kasus di Ciloto dan Gadok, menurutnya, terjadi pelanggaran pilar kendaraan yang berkeselamatan.

"Tinggal kita  lihat kecelakaan di Ciloto itu dan sebelumnya di Gadok ya, itu kan dua-duanya remnya tidak berfungsi maksimal. Istilahnya remnya blong. Ini kan pilar kendaraan yang berkeselamatan terabaikan," katanya di Korlantas Polri, Selasa (2/5/2017).

Adapun kelima pilar yang dimaksud antara lain manusia berkeselamatan di bawah pengawasan Kepolisian, kendaraan berkeselamatan di bawah pengawasan Kementerian Perhubungan, Jalan berkeselamatan di bawah pengawasan Kementerian PUPR, dan manajemen lalu lintas serta manajemen pasca kecelakaan yang dinaungi seluruh instansi terkait.

Lebih lanjut, dari sisi keadaan jalan, dia mengatakan bahwa jalur puncak dan sejumlah jalur lain di Indonesia memang dinilai rawan dan memerlukan penyempurnaan elevansi. Namun, biaya yang dibutuhkan untuk hal ini cukup besar.

"Ini memang rawan ya, elevansinya luar biasa. Bukan hanya di Puncak tapi juga beberapa tempat wisata di Indonesia memang elevansinya harus disempurnakan. Memang biayanya sangat besar. Tinggal kita kepolisian dan jajaran stakeholder di lapangan membuat bagaimana kita harus menjaga setiap saat di black spot, seperti itu," paparnya.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan menilai peristiwa kecelakaan saat libur panjang tersebut menjadi bukti buruknya pengawasan terhadap kelayakan kendaraan dan kompetensi pengemudi.

Dia mendorong agar semua pihak yang bertanggung jawab dalam pewujudan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas baik di wilayah awal hingga di lokasi terjadinya kecelakaan agar diberi sanksi tegas.

"Kenapa ada kendaraan tidak layak jalan tapi tetap beroperasi? Lalu, bagaimana pengawasan terhadap kompetensi pengemudi? Harus ada yang bertanggung jawab!" katanya.

Dia tidak menampik bahwa kecelakaan lalu lintas bukanlah hal yang disengaja. Namun, menurutnya, pemerintahh berperan dalam mencegah terjadinya kejadian seperti ini. Untuk itulah, Dinas Perhubungan perlu melakukan pemeriksaan berkala sementara untuk kompetensi pengemudi perlu ditandai dengan proses yang benar untuk memperoleh surat izin mengemud (SIM).

"Apakah kewenangan itu sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan berlaku? Itu harus diperiksa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper