Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beijing Janjikan Rp1 Miliar untuk Informasi Mata-mata Asing

Pemerintah kota Beijing menjanjikan hadiah hingga 500.000 yuan atau hampir satu miliar rupiah bagi orang yang bersedia memberi informasi untuk membongkar mata-mata asing.
Ilustrasi agen dinas rahasia/Istimewa
Ilustrasi agen dinas rahasia/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Beijing menjanjikan hadiah hingga 500.000 yuan atau hampir satu miliar rupiah bagi orang yang bersedia memberi informasi untuk membongkar mata-mata asing.

Pejabat pemerintah kota itu menyebutkan bahwa warga kota seyogyanya ikut membantu "membangun secara perlahan, Tembok Besar dalam memerangi kejahatan dan menjaga negara dari para mata-mata."

Tahun lalu, pihak berwenang China sudah meluncurkan kampanye serupa antara lain peringatan agar tidak jatuh dalam rayuan para spion asing.

Dalam ketentuan baru yang diumumkan oleh dinas keamanan pemerintah kota Beijing itu disebutkan bahwa warga bisa menyampaikan informasi secara langsung, atau melalui layanan telepon khusus, hotline, atau melalui pos untuk informasi tersebut.

Hadiah yang disediakan berkisar antara 10.000 hingga 500.000 yuan tergantung seberapa berguna informasi itu 'dalam mencegah atau menghentikan spionase, atau dalam membongkar kasus spionase,' sebagaimana dikutip BBC.com, Selasa (11/4/2017).

Pihak berwenang menyatakan, sebagai jantung pemerintah dan inovasi China, Beijing adalah salah satu pilihan pertama bagi dinas-dinas rahasia dan lainnya yang dengan ganas melancarkan infiltrasi, pemecah belahan, subversi, penghancuran dan pencurian.

Aparat menyatakan, Januari lalu sekelompok nelayan di provinsi Jiangsu menemukan benda tak dikenal bertuliskan kata-kata asing saat menjala ikan dan menyerahkannya kepada aparat.

Benda itu ternyata adalah 'piranti mata-mata yang mengumpulkan data dari China.'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper