Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umar Anggara Jenie Meninggal

Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali kehilangan salah satu tokoh ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu Umar Anggara Jenie.
Umar Anggara Jenie/ugm.ac.id
Umar Anggara Jenie/ugm.ac.id

Kabar24.com, JAKARTA - Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali kehilangan salah satu tokoh ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu Umar Anggara Jenie.

Almarhum meninggal dunia pada Kamis (26/1/2017) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB setelah melaksanakan salat tahajud di kediamannya, Yogyakarta. Almarhum merupakan Kepala LIPI pada periode 2002-2010 dan merupakan pelopor bidang bioetika.

Jenazah disemayamkan di Balairung UGM pukul 12.30 WIB dan dimakamkan di makam Sewu Sentul pukul 14.00 WIB, seperti dikutip halaman resmi LIPI, Kamis (26/1/2017).

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain menuturkan, jasa besar almarhum terhadap pengembangan riset dan iptek di negeri ini terlihat khususnya dalam mengembangkan bidang etika ilmiah, mendorong riset strategis, serta meningkatkan status pembinaan profesionalitas fungsional peneliti di tingkat nasional.

Almarhum pernah menerima Bintang Jasa Utama dari Pemerintah RI dan juga pernah menerima Penghargaan Sarwono Prawirohardjo pada 2010, penghargaan tertinggi LIPI yang diberikan kepada ilmuwan berjasa di bidang iptek.

Disamping itu, almarhum sangat berperan sebagai motor dalam membantu Kementerian Agama dalam menafsirkan ayat ilmiah Al-Quran.

Sekadar kilas balik perjalanan kehidupan almarhum Umar Anggara Jenie. Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) ini lahir di Solo, Jawa Tengah pada 22 Agustus 1950 silam.

Dia menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Farmasi, UGM pada 1975; pendidikan S2 di bidang Ilmu Kimia dari University of New South Wales, Australia pada 1982; dan pendidikan S-3 di bidang Ilmu Kimia dari Australian National University, Australia pada 1988.

Almarhum sendiri diangkat sebagai Guru Besar (Profesor) Kimia Medisinal Organik, Fakultas Farmasi di UGM pada 14 Juni 2010. Kemudian, diangkat menjadi Kepala LIPI pada 27 September 2002, dan menyelesaikan masa tugasnya sebagai Kepala LIPI pada 14 Juni 2010.

Tak hanya itu, dia juga menjadi Ketua Komisi Bioetika Nasional pada 2009-2012.

Dalam kiprahnya, dia pernah juga menjadi anggota International Dialogue on Bioethics of European Group on Ethics of Sciences and New Technology (IDB-EGE), sebuah kegiatan internasional yang peduli terhadap etika di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi baru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper