Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WISATA PADANG: Asita Tawarkan Pasar Raya Padang Jadi Kawasan Wisata Malam

Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) menawarkan pengembangan kawasan Pasar Raya Padang guna menjadi kawasan wisata malam untuk menambah daya tarik wisatawan ke Kota Bingkuang itu.
Wali Kota Padang Mahyeldi /twitter
Wali Kota Padang Mahyeldi /twitter

Bisnis.com, PADANG—Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) menawarkan pengembangan kawasan Pasar Raya Padang guna menjadi kawasan wisata malam untuk menambah daya tarik wisatawan ke Kota Bingkuang itu.

Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah menyebutkan Kota Padang kekurangan kawasan wisata berbasis kuliner dan souvenir lokal yang memudahkan bagi wisatawan untuk mengunjungi daerah tersebut.

“Padang sangat kurang [wisata malam]. Tamu-tamu kami, kalau malam tidak ada lagi kegiatan, bisa dimanfaatkan untuk ke kawasan wisata malam,” ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (9/8/2016).    

Menurutnya, kawasan Pasar Raya Padang yang merupakan pasar terbesar di daerah itu layak dikembangkan menjadi kawasan wisata kuliner dan souvenir lokal kepada wisatawan.

Apalagi, ada ruas jalan dan pelataran pasar sepanjang sekitar 300 meter dari tugu Air Mancur hingga kawasan Permindo yang bisa dimanfaatkan.

“Kalau malam kan kosong saja, kenapa tidak dimanfaatkan untuk wisata malam. Toh, pemerintah juga tidak harus keluar anggaran untuk penataannya,” ujar Ian.

Dia menyebutkan di kawasan itu bisa dijadikan kawasan belanja malam yang menyediakan kuliner lokal, souvenir, pakaian dan tempat antraksi budaya serta hiburan bagi pengunjung, sehingga ikut membantu meningkatkan daya tarik daerah.

Selain pendorong pengembangan wisata, kawasan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menampung pedagang kakilima yang khusus menjual makanan dan oleh-oleh khas daerah itu.

Ia mengatakan gagasan itu sudah pernah disampaikan ke walikota sebelumnya, namun tidak ada realisasi. Dia mengatakan akan menyampaikan seraca resmi usulan tersebut ke Pemkot Padang dan menyiapkan presentasi.

Wali Kota Padang Mahyeldi Dt Marajo menyambut baik usulan tersebut dan menjanjikan pembahasan lebih lanjut untuk pengembangan wisata kota Padang.

“Kami terima masukan dari siapa saja, yang tujuannya memang untuk kemajuan dan pengembangan daerah,” katanya.

Dia mengatakan Pemkot Padang komitmen untuk mengembangkan kawasan wisata daerah itu. Mulai dari penataan kawasan Pantai Padang dan Danau Cimpago, Batau Arau, Taman Siti Nurbaya Gunung Padang, hingga penataan kembali Kota Tua Padang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper