Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pohon Durian Bisa Ditanam di Pot & Berbuah Lebih Cepat

Pemilik apartemen atau rumah susun kini dapat menanam pohon durian yang bibitnya dikembangkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi.
Buah durian/Bisnis
Buah durian/Bisnis

Kabar24.com, BANYUWANGI-- Pemilik apartemen atau rumah susun kini dapat menanam pohon durian yang bibitnya dikembangkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi. 

"Pohon durian dalam pot ini bisa berbuah dalam 4-5 tahun, lebih cepat dibandingkan pohon durian di alam yang panen dalam 7 tahun," kata Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Eko Mulyanto kepada wartawan, Jumat (21/8/2015).

Menurut Eko, pemilik apartemen dapat menanam pohon yang tinggi maksimalnya 1,5 meter.  Sinar matahari, katanya, bisa digantikan dengan memberi cahaya lampu berwarna merah dan ungu, dengan perbandingan 70:30.

Eko menjelaskan, satu pohon hanya bisa menghasilkan dua-empat buah durian, tergantung dengan kelebatan daun. Setiap satu buah durian seberat dua kilogram, idealnya memiliki 125-155 lembar daun.

Sejak 2009, Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi telah melakukan uji coba pohon durian yang bisa disebut ajaib ini. Mereka baru memetik keberhasilan pada 2013. 

Awalnya, dari 200 bibit yang ditanam dalam pot, hanya lima pohon yang tetap hidup hingga berbuah. Setelah berhasil, 300 bibit durian merah dalam pot milik Eko kini diburu pembeli.

“Jadi, lahan sempit bukan kendala menanam pohon durian merah,” katanya. 

Eko mengembangkan bibit durian merah, dengan tiga batang bawah dari tiga individu berbeda. Sedangkan batang atasnya berasal dari sambung pucuk lima individu berbeda. 

Buah durian nantinya memiliki warna yang lebih beragam, seperti merah, merah-kuning, ataupun pelangi.

“Ibaratnya dalam lahan terbatas, kita punya lima pohon durian sekaligus,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper