Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDIDIKAN: 63 Ilmuwan UI Masuk Jajaran Top 750 Scientist

Sebanyak 63 peneliti Universitas Indonesia (UI) masuk dalam jajaran Top 750 Scientist Indonesia yang dirilis oleh Webometric Ranking of World University versi Google Scholar Citations (GSC).
Kampus Universitas Indonesia/wikipedia.org
Kampus Universitas Indonesia/wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA- Sebanyak 63 peneliti Universitas Indonesia (UI) masuk dalam jajaran Top 750 Scientist Indonesia yang dirilis oleh Webometric Ranking of World University versi Google Scholar Citations (GSC).

Adapun, Webometric menampilkan daftar ilmuwan Indonesia per Mei 2015 berdasarkan hasil penelitian,
publikasi maupun kutipan yang terekam di Google Scholar atau Google Cendikia.

Para ilmuwan tersebut menggeluti beragam keilmuan seperti ilmu komputer, teknik mesin, ilmu fisika nanopartikel, teknik perkapalan, ilmu antropologi dan lainnya. Sebut saja Terry Mart yang merupakan Guru Besar Ilmu Fisika UI yang memfokuskan penelitiannya pada bidang Fisika Nuklir dan Ekonofisika.

Terry Mart telah menghasilkan sekitar 117 publikasi ilmiah dan berkomitmen untuk meningkatkan budaya riset ditengah-tengah mahasiswa UI khususnya program studi fisika. Kemduian, ilmuwan lainnya yang masuk dalam jajaran ilmuwan terbaik Indonesia adalah Suraya Afiff, seorang Antropolog Indonesia dari UI yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pusat Kajian Antropologi UI.

Suraya Afiff fokus pada penelitian terkait isu kepemilikan lahan, konflik tanah dan sumber daya alam, perubahan iklim, tata kelola hutan, gerakan lingkungan dan agraria serta manajemen berbasis masyarakat.

Diharapkan, pencatatan ini menjadi motivasi bagi para ilmuwan Indonesia dan UI pada khususnya untuk semakin meningkatkan produktivitas penelitian sehingga mampu menghasilkan solusi bagi kemajuan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Webometric menyarankanpara akademisi Indonesia lainnya yang telah memiliki publikasi ilmiah diharapkan dapat mengoreksi dan memperbarui profil publik Google Scholar pada akun masing-masing sehingga dapat terekam oleh mesin Google Scholar.

Top 750 Scientist Indonesia merupakan daftar ilmuwan yang disusun oleh Webometric berdasarkan jumlah karya/publikasi ilmiah yang terdapat dalam database GSC per Mei 2015. Google Scholar atau Google Cendekia merupakan mesin pencari khusus untuk materi pendidikan yang didalamnya termasuk jurnal Imiah, skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir, makalah dan karya ilmiah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper