Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Bocah 11 Tahun, Jonah Soewandito, Siswa Tingkat Akhir SMA

Bocah bernama Jonah Soewandito jadi sorotan media Australia. Di usianya yang masih 11 tahun, Jonah sudah mengikuti ujian lulus sekolah menengah (HSC) yang biasa diikuti pelajar berusia 17-18 tahun.
Jonah Soewandito/smh.com.au
Jonah Soewandito/smh.com.au

Kabar24.com, JAKARTA— Bocah bernama Jonah Soewandito jadi sorotan media Australia. Di usianya yang masih 11 tahun, Jonah sudah mengikuti ujian lulus sekolah menengah (HSC) yang biasa diikuti pelajar berusia 17-18 tahun.

Sydney Morning Herald (SMH) memantau kecemerlangan Jonah beberapa bulan terakhir. Pada 12 Oktober 2014,  SMH khusus mengulas Jonah dalam artikel berjudul Jonah Soewandito is only 11 but the Scots College pupil is sitting the HSC.

Sebagai bocah berusia 11 tahun, Jonah dianggap cemerlang lantaran sudah duduk di tingkat akhir di SMA. Kini dia berkesempatan untuk lulus sekolah dengan mengikuti ujian akhir SMA.

SMH kembali memberitakan perkembangan Jonah, Minggu (21/12/2014). SMH menyebut seharusnya Jonah masih duduk di Sekolah Dasar (AD). Namun, kecerdasan pelajar dari Scots College di Kota Sydney, Australia ini di atas rata-rata, terutama pada pelajaran Matematika dan Kimia.

Dia mencetak angka 90, tertinggi di sekolahnya. Sejak usia empat tahun dia sudah menunjukkan kecerdasannya, dan meloncati beberapa kelas sekaligus. Kepala sekolah Scots College Ian Lambert mengatakan mereka sangat bangga pada Jonah lantaran membuat bangga seluruh pendidiknya.

Tahun depan dia akan kembali menempuh ujian akhir sekolah termasuk menjalankan 3-4 unit tes Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.

“Kami akan membantunya melewati ujian ini. Namun saat ini dia butuh liburan sebab sudah berpikir keras,” ujar Lambert.

Setelah lulus Jonah ingin bekerja sebagai peneliti kesehatan. Namun, dia harus menunggu beberapa tahun untuk memulai kuliah sebab masih sangat muda. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

JAKARTA BANJIR: Kampung Melayu Kecil, Air Setinggi 150 Cm

Ikan Paus Seberat 300 Kg Terdampar di Mukomuko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper