Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Pimpin Sidang Kabinet Paripurna di IKN Besok

Presiden Jokowi bakal memimpin Sidang Kabinet Paripurna bersama dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di IKN Nusantara, Jumat (13/9/2024).
Presiden Jokowi saat menyampaikan pengantar pada Rapat Sidang Kabinet Perdana di IKN, Senin (12/8/2024) - Youtube Setpres.
Presiden Jokowi saat menyampaikan pengantar pada Rapat Sidang Kabinet Perdana di IKN, Senin (12/8/2024) - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin Sidang Kabinet Paripurna bersama dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, esok hari, Jumat (13/9/2024).

“Hari Kedua di IKN, Besok Bapak Presiden akan memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda IKN pukul 09.00 WITA,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Yusuf Permana kepada Bisnis lewat pesan teks, Kamis (12/9/2024).

Dia menyebutkan bahwa selain Menteri, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin juga bakal mengikuti giat tersebut. Adapun, kata Yusuf, setiap jajaran menteri mulai berdatangan sejak malam ini.

“Iya [mulai datang malam ini], Wakil Presiden dan Para Menteri akan hadir,” jela Yusuf.

Lebih lanjut, dia mengatakan usai melaksanakan sidang orang nomor satu di Indonesia itu antara lain akan meresmikan Hotel Nusantara Swissotel dan peletakan batu pertama atau groundbreaking Mall Duty Free Nusantara.

Di sisi lain, Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan bahwa Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan bertolak ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur untuk mengikuti sidang kabinet di Istana Kepresidenan IKN.

Masduki menyampaikan Wapres akan mengikuti sidang kabinet terakhir bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana IKN, pada Jumat (13/9/2024).

"Wapres mengikuti sidang kabinet terakhir mendampingi presiden di IKN. Nginap semalam, setelah itu pulang. Kemudian balik ke Jakarta,” tandas Masduki kepada Bisnis, Kamis (12/9/2024)

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin siang ini, Kamis (12/09/2024) dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-800 TNI AU bertolak munuju Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. 

Pesawat yang membawa Wapres beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan pada pukul 14.00 WIB/15.00 WITA.

Setelah menempuh penerbangan selama 2 jam 10 menit, Wapres diperkirakan tiba di Balikpapan pada pukul 17.10 WITA dan disambut oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, beserta Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Usai beristirahat sejenak di ruang tunggu utama, Wapres didampingi oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur menuju ke Hotel Gran Senyiur Balikpapan dengan berkendara mobil untuk bermalam.

Keesokan harinya, Jumat (13/9/2024), Wapres bersama rombongan terbatas akan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan Helikopter VVIP Super Puma. Setibanya di IKN, Wapres akan menghadiri serangkaian agenda kenegaraan yang telah dijadwalkan.

Sebagai agenda utama, Wapres akan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna yang akan dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Adapun topik pembahasan dari Sidang Kabinet Paripurna kali ini adalah arahan Presiden Republik Indonesia tentang Persiapan Transisi Pemerintahan serta Laporan Akhir dari para Menteri Koordinator yang mewakili para menteri di bawah koordinasinya.

Selain itu, di IKN Wapres juga akan mengikuti foto bersama Presiden Republik Indonesia, para Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), dan para Ibu OASE KIM. 

Setelah melaksakan seluruh rangkaian agenda kerjanya di IKN, Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta di hari yang sama, pada pukul 14.30 WITA/13.30 WIB.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper