Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Dorong Climate Budget Jadi Kebijakan Nasional

Ridwan Kamil mengatakan saat ini sedang mencari anak muda atau Gen Z yang handal di bidang teknologi untuk bisa mendukung program "Climate Budget".
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024) / BISNIS -Jessica Gabriela Soehandoko
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024) / BISNIS -Jessica Gabriela Soehandoko

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil mengatakan saat ini sedang mencari anak muda atau Gen Z yang handal di bidang teknologi untuk bisa mendukung program "climate budget". 

Dia mengatakan bahwa climate budget merupakan bentuk upaya yang dilakukan pemerintah untuk merevolusi Indonesia, melalui sebuah aplikasi yang bisa menelusur anggaran. 

"Ada sebuah gerakan yang menurut saya akan merevolusi Indonesia dengan paling sederhana namanya climate budget. Bagaimana ada apps bisa men-tracking semua APBN, APBD Provinsi, APBD Kota, APBD Kepala Desa, APBD RW, yang kalau di-tracking, dia me-reduce karbon," katanya saat menjadi pembicara di Indonesia Net Zero Summit, pada Sabtu (24/8/2024). 

Kang Emil, sapaannya, mengatakan bahwa usulan tersebut sudah dilaporkannya kepada Presiden RI terpilih Prabowo Subianto untuk menjadi kebijakan nasional. 

"Nah, ini kalau ada apps-nya, kita praktekan dan sudah disampaikan ke Pak Prabowo supaya ini menjadi kebijakan nasional, menurut saya keren sekali," ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa di Indonesia sampai saat ini teknologinya belum ada, dan baru ada di Kota Oslo, di Norwegia.

Dia berharap anak-anak Indonesia yang handal di bidang teknologi atau IT, bisa menerima tantangan ini, dengan program climate budget tersebut. 

"Ribuan triliun per tahun kita bisa tracking berapa yang me-reduce karbon, ketimbang men-spend seperti sekarang tanpa ada kejelasan ya, tidak terukur berapa karbon yang dikurangi oleh setiap rupiah yang dibelanjakan oleh kementerian sampai Kepala Desa, sampai Kepala RW misalkan," ucapnya. 

Selain itu, dia menyarankan semua pihak untuk tidak membeli barang impor terlalu banyak, karena karbon yang dihasilkan besar sekali, mengimpor dengan menggunakan pesawat, kapal dan lain sebagainya. 

"Jadi membeli produk UMKM itu bagian dari climate action lah. Karena kalau punya baju tanpa merek ya, buatan lokal, dengan harus beli merek yang mahal, yang di mal-mal mahal, mendingan beli yang merek lokal," ucapnya. 

Menurutnya, seruan untuk membeli produk UMKM juga merupakan bagian dari aksi sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat. 

Seperti diketahui, Ridwan Kamil turut menjadi pembicara bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, dalam acara Indonesia Net Zero Summit yang digelar di Jakarta, pada Sabtu (24/8/2024). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper