Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumor Airlangga Mundur Karena Kasus Minyak Goreng, Ini Penjelasan Kejagung

Kejagung tidak tahu menahu dengan rumor yang mengaitkan pengunduran diri Airlangga Hartarto dengan kasus minyak goreng.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (5/8/2024). Bisnis/Arief Hermawan P
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (5/8/2024). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Kejaksaan Agung (Kejagung) belum memperoleh informasi mengenai rumor pemanggilan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam kasus korupsi minyak goreng atau CPO.

Sebelumnya, beredar informasi pemberitaan bahwa sebelum menyatakan mengundurkan diri dari Ketum Golkar, Airlangga akan diperiksa dalam waktu dekat oleh penyidik kejaksaan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkuml) Kejagung RI, Harli Siregar mengaku sejauh ini dirinya belum mendapatkan informasi soal pemanggipan Airlangga.

"Kami belum ada info soal itu [Airlangga diperiksa]," ujar Harli saat dihubungi, Selasa (12/8/2024).

Namun demikian, Harli memastikan bahwa apabila nantinya ada perkembangan terkait hal tersebut, maka pihaknya akan menyampaikan secara transparan.

"Kalau ada perkembangan kami sampaikan ya," tambahnya.

Sekadar informasi, Airlangga sempat diperiksa selama 12 jam dan dicecar 46 pertanyaan terkait dengan pengembangan kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya pada Senin (24/7/2023).

Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi mengatakan Airlangga perlu dipanggil, lantaran kapasitasnya sebagai pembuat kebijakan yang bertugas mengatasi kelangkaan minyak goreng di dalam negeri sekitar 2022. 

"Sebagaimana kita ketahui dalam proses penanganannya ternyata kita ketahui telah menimbulkan kerugian keuangan negara, maka itu yang kita cari simpul-simpulnya," jelas Kuntadi di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jakarta, Senin (24/7/2023). 

Bantahan Golkar 

Sementara itu, Partai Golkar menegaskan alasan Airlangga Hartarto mengundurkan diri dari partai tidak terkait dengan kasus korupsi minyak goreng atau CPO yang tengah ditangani Kejagung.

Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli menegaskan alasan Airlangga mundur lantaran ingin berfokus pada tugasnya sebagai Menko Perekonomian RI. Terlebih, nantinya akan ada transisi pemerintahan Presiden Joko Widodo ke Prabowo Subianto.

"Tidak lah [terkait kasus CPO], saya kira gini, apa namanya, saya juga baru tau ya, ternyata pengunduran dirinya itu tadi malam," ujar Doli di Kantor DPP Golkar, Minggu (11/8/2024) malam.

Dia juga mengaku, informasi pengunduran diri Airlangga secara mendadak. Awalnya, Doli tengah berada di Pontianak, kemudian dia dihubungi Airlangga untuk datang ke rumahnya.

Di kediaman Airlangga, Doli dikumpulkan bersama dengan sejumlah pihak dan juga keluarga, seperti adik, anak dan istrinya. Dengan demikian, menurutnya, Airlangga telah mempertimbangkan secara matang keputusan tersebut.

"Nah jadi menurut saya kita tidak perlu lagi mengait -ngaitkan apa alasan. Saya kira Pak Airlangga sudah mengambil keputusan yang terbaik buat Pak Airlangga, buat Partai Golkar, buat bangsa dan negara,Dengan mengundurkan diri sebagai ketua umum Partai Golkar. Itu kita hormati," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper