Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gus Jazil: PKB Siap Sinergi dengan Gerindra, Gabung KIM Plus?

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid atau Gus Jazil mengatakan partainya siap bersinergi dengan Gerindra. Sinyal kuat gabung KIM Plus?
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8/2024). JIBI/Jessica Soehandoko.
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8/2024). JIBI/Jessica Soehandoko.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil merespon terkait wacana sinergi dengan Partai Gerindra serta bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Sebagai catatan, diketahui bahwa PKB dan Gerindra melakukan pertemuan pada Kamis (8/8/2024). Pertemuan tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan apakah partainya akan bergabung dengan koalisi Jumbo tersebut, dimana Gerindra juga tergabung dalam KIM Plus. 

“Yang jelas, PKB bersinergi dengan Gerindra,” pungkas sosok yang kerap disapa Gus Jazil kepada wartawan, kala ditemui di DPP PKB pada Jumat (9/8/2024). 

Gus Jazil kemudian menjelaskan bahwa dalam pertemuan Kamis (8/8) PKB dan Gerindra memiliki kesepakatan untuk berkolaborasi dan saling bersinergi. 

PKB juga mengaku bahwa pertemuan tersebut menghasilkan banyak gambaran dan informasi dari Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto terkait tantangan ke depan yang harus cepat diselesaikan. 

Adapun, tantangan yang dimalsid meliputi pertanian dan ketahanan pangan, ketahanan energi dan reformasi birokrasi dengan menggunakan digital agar reformasi birokrasi berjalan secara baik, agar tidak banyak kebocoran dari anggaran.

Namun, dia kemudian menepis bahwa pertemuan tersebut dihelat untuk melakukan transaksi kursi hingga soal jatah kabinet. Menurutnya, hal tersebut adalah hak Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Terkait rincian kesepakatan antara kedua partai lebih lanjut, Gus Jazil menuturkan bahwa akan diterjemahkan pada saatnya.

Sebelumnya,Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyambangi rumah Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis malam (8/8/2024).

Cak Imin tiba di rumah Prabowo sekitar pukul 18.40 WIB dan mengaku melakukan perbincangan dengan Prabowo. Cak Imin hadir didampingi oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid saat berkunjung ke Menteri Pertahanan tersebut.

"Tadi udah lama nggak silaturahim dan hari ini kita bersama-sama silaturahim dengan Pak Prabowo," kata Cak Imin saat meninggalkan rumah Prabowo.

Dia berada di rumah Prabowo lebih satu jam. Dia pun bersama Jazilul satu mobil meninggalkan rumah Prabowo pada pukul 20.10 WIB.

Wakil Ketua DPR RI itu mengaku berbincang beragam hal dengan Prabowo dan tak menampik bahwa ada juga pembahasan mengenai Pilkada Jakarta. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa perbincangan dengan Prabowo juga terkait kesediaan PKB bersama-sama membangun bangsa.

"Ini membahas negara ini bukan Pilkada saja," kata Cak Imin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper