Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Maruf Amin Resmikan Bendungan Cipanas dan Tol Cimanggis-Cibitung

Wapres meresmikan Bendungan Cipanas di wilayah Sumedang dan Tol Cimanggis-Cibitung di Bogor Jawa Barat pada hari ini Selasa (9/7/2024).
Wakil Presiden RI (Wapres) Maruf Amin - Biro Setwapres.
Wakil Presiden RI (Wapres) Maruf Amin - Biro Setwapres.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin bakal meresmikan Bendungan Cipanas di wilayah Sumedang dan Tol Cimanggis-Cibitung di Bogor Jawa Barat pada hari ini Selasa (9/7/2024).

Bendungan Cipanas tersebut diapit oleh dua kabupaten tepatnya di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu dan Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

Proyek pembangunan Bendungan Cipanas tersebut dimulai sejak 2016 hingga 2023 dan diresmikan pada 2024. Bendungan tersebut mampu menampung 250 juta meter kubik dan mampu mengairi 9.273 hektare lahan pertanian di dua kabupaten.

Dengan demikan, kata Wapres, diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam dari satu kali menjadi dua kali dalam setahun.

Selain itu, Bendungan Cipanas ini akan menyuplai air baku sebesar 850 liter/detik di kawasan industri, permukiman, Bandara Kertajati di kawasan Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati).

Jumlah ini terdiri atas 650 liter/detik untuk Kabupaten Sumedang dan 200 liter/detik untuk Kabupaten Indramayu. Selain itu, bendungan ini juga bermanfaat dalam mereduksi banjir sekaligus berpotensi menjadi pembangkit listrik sebesar 3,0 megawatt.

Usai peresmian Bendungan Cipanas, Wapres Maruf juga dijadwalkan melakukan penanaman Pohon Pulai dan peninjauan bendungan. Kemudian Wakil Presiden juga akan meresmikan dan meninjau Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung sepanjang 26,18 kilometer ini digarap mulai 2015-2024. Proyek tersebut terbagi atas Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis–Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya–Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya–Cikeas dan Segmen 2B Cikeas–Cibitung.

Seksi 1 dan Seksi 2A sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023, sementara Seksi 2B menjadi seksi terakhir Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang akan segera dibuka.

Adapun lokasi peresmian hari ini berada di Seksi 2B, yaitu di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400. Setelah Jalan Tol Cimanggis–Cibitung beroperasi penuh, jalan bebas hambatan ini akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 sehingga makin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper