Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Achmad Fauzi Wongsojudo, Pendamping Khofifah di Pilkada Jatim Usulan PDIP

Profil Achmad Fauzi Wongsojudo, salah satu kandidat kuat pendamping Khofifah di Pilkada Jatim 2024
Profil Achmad Fauzi Wongsojudo, Pendamping Khofifah di Pilkada Jatim Usulan PDIP / Pemkab Sumenep
Profil Achmad Fauzi Wongsojudo, Pendamping Khofifah di Pilkada Jatim Usulan PDIP / Pemkab Sumenep

Bisnis.com, JAKARTA - Kader PDIP Achmad Fauzi Wongsojudo diajukan menjadi bakal calon wakil gubernur yang mendampingi Khofifah Indar Parawansa dalam Pilkada Jawa Timur 2024. 

Achmad Fauzi Wongsojudo akan menjadi opsi baru untuk menjadi pendamping Khofifah untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024, meski sebelumnya menyatakan akan kembali menggandeng Cawagub petahana, Emil Dardak.

Adapun, Achmad Fauzi Wongsojudo atau yang biasa disapa Cak Fauzi masuk sebagai kandidat potensial dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024.

Profil Cak Fauzi, yaitu lahir di Sumenep pada 21 Mei 1979, dan menghabiskan masa pendidikannya di Sumenep. Dia bersekolah di SDN Pangarangan 1, dan melanjutkan sekolah di SMP Negeri 4 Batuan Sumenep, kemudian ke MA Negeri 1 Sumenep.

Lanjut berkuliah, dia mengambil strata satu di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya dengan mengambil S1 jurusan hukum pada 2014.

Kemudian dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di kampus yang sama dan mendapat gelar Magister pada 2020.

Cak Fauzi sempat bekerja sebagai jurnalis di Tabloid Indonesia pada 2002. Karirnya terus menanjak sebagai jurnalis, sampai menjadi redaktur pelaksana di Majalah Indonesia pada 2004-2006. Lalu menjabat pemimpin umum pada 2008.

Selain seorang jurnalis, Cak Fauzi juga menjadi pebisnis dan menjadi direktur promosi di perusahaan advertising di Jakarta, PT Karin Disni Jaya sejak 2008.

Selanjutnya, dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Petrogas Pantai Madura sejak 2011-2013. Perusahaan ini mengelola 10% blok migas Madura off shore. 

Adapun perusahaan lain yang dia kelola di antaranya yaitu PT Mahasa Madura Investama dan PT Djakarta Dua satu.

Sementara itu, dalam dunia politik, Cak Fauzi pernah menjadi kader PDIP. Dia kemudian menjadi Wakil Bupati Sumenep pada 2015. Lalu, dia dilantik menjadi Ketua DPC PDIP Sumenep pada 2019.

Cak Fauzi juga maju di Pilkada Sumenep dengan menggandeng Dewi Khalifah, yang juga didukung oleh PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PKS, dan PBB dan memenangkan perolehan suara pada 2020.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper