Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Budi Djiwandono, Keponakan Prabowo yang Digadang Maju di Pilkada DKI

Budi Djiwandono dikabarkan akan maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) untuk Pilkada DKI Jakarta 2024, didampingi oleh Raffi Ahmad.
Profil Budi Djiwandono yang diwacanakan maju cagub bersama Raffi Ahmad/Bisnis-Erta Darwati.
Profil Budi Djiwandono yang diwacanakan maju cagub bersama Raffi Ahmad/Bisnis-Erta Darwati.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budi Djiwandono dikabarkan akan maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.

Informasi tersebut diketahui saat Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco mengunggah foto Budi Djiwandono yang dipasangkan dengan Raffi Ahmad di akun Instagram miliknya, pada Jumat (24/5/2024). 

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan pihaknya sudah memberi empat nama kandidat Cagub dalam Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya adalah Budi Djiwandono. 

Budi Djiwandono merupakan keponakan dari Presiden RI terpilih 2024, Prabowo Subianto. Hubungan keluarga antara Budi dan Prabowo berasal dari keluarga ibunya. 

Budi bernama lengkap Gerardus Budisatrio Djiwandono yang lahir di Jakarta, pada 25 September 1981. Dia adalah anak dari pasangan Joseph Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati Djojohadikusumo.

Ayahnya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia periode 1993–1998, sedangkan ibunya adalah kakak kandung Prabowo.

Adapun Budi memiliki saudara laki-laki bernama Thomas Muliatna Djiwandono, yang akrab disapa Tommy Djiwandono. Budi juga merupakan sepupu dari Aryo Djojohadikusumo dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. 

Pada awalnya, Budi menempuh pendidikan SD di Santa Theresia dan SMP Pelita Harapan. Lalu di tingkat SMA, Budi memilih untuk melanjutkan pendidikannya di luar negeri yaitu di Berkshire School, Amerika Serikat (AS). 

Melansir laman DPR RI, Budi kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan berhasil meraih gelar Sarjana S1 di bidang Government and International Relation di Clark University, Amerika Serikat (AS). 

Budi sempat menjadi anggota Penggantian Antar Waktu (PAW) DPR RI untuk sisa masa jabatan 2014-2019, kemudian menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Kemudian secara resmi, dirinya dilantik sebagai anggota DPR RI pada 24 Agustus 2017 dengan mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Luther Kombong yang meninggal dunia pada Juni 2017. 

Setelah itu, dirinya diketahui menikah dengan Mila Gunawan, saat usianya telah 42 tahun, pada Jumat, 29 Desember 2023.

Adapun Budi awalnya memeluk agama Katolik, tetapi 3 pekan sebelum menikah yaitu pada awal Desember 2023, dia berpindah agama menjadi Islam. 

Kemudian, saat ini Budi Djiwandono menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang mengurusi bidang-bidang seperti pertanian, lingkungan hidup, kehutanan, kelautan, dan perikanan. 

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Pemuda Tani dan di Fraksi Gerindra, Budi menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper