Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Status Gunung Ruang Naik jadi Awas! Masyarakat Diimbau Evakuasi

Masyarakat di sekitar gunung Ruang diimbau dievakuasi ke wilayah yang lebih aman menyusul gunung ruang yang erupsi lagi
Gunung Ruang Erupsi Lagi, Status jadi Awas! Masyarakat Diimbau Evakuasi/Istimewa
Gunung Ruang Erupsi Lagi, Status jadi Awas! Masyarakat Diimbau Evakuasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dinaikan dari level III (Siaga) ke level IV (Awas).

Kabar itu diinformasikan oleh akun instagram PVMBG.

Masyarakat yang berada disekitar G. Ruang agar tetap memperhatikan dan selalu mengikuti rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi serta arahan dari instansi terkait di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.

Pada tingkat aktivitas G. Ruang Level IV (AWAS) direkomendasikan sebagai berikut:

Masyarakat di sekitar G. Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif G. Ruang (Lampiran

Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut.

Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Tingkat aktivitas G. Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala, maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan.

Gunung Ruang terletak di KabKota Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara dengan posisi geografis di Latitude 2.3031°LU, Longitude 125.3667°BT dan memiliki ketinggian 725 mdpl

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper