Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Hadiri Open House Prabowo, Gerindra Bilang Begini

Partai Gerindra mengklaim hampir keseluruhan elite hingga akar rumput partai politik sudah siap untuk melakukan rekonsiliasi setelah Pemilu 2024
Sandiaga Hadiri Open House Prabowo, Gerindra Bilang Begini. Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman memberikan keterangan kepada wartawan pada acara open house Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2024)/Bisnis-Dany Saputra.
Sandiaga Hadiri Open House Prabowo, Gerindra Bilang Begini. Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman memberikan keterangan kepada wartawan pada acara open house Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2024)/Bisnis-Dany Saputra.

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Gerindra mengklaim hampir keseluruhan elite hingga akar rumput (grassroot) partai politik sudah siap untuk melakukan rekonsiliasi setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal itu dilihat di antaranya dari sejumlah upaya silaturahmi antara para elite partai politik. 

Salah satu upaya silaturahmi antara para elite partai politik yang dinilai menjadi upaya rekonsiliasi adalah kunjungan Ketua Bappilu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno, Rabu (10/4/2024), ke kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih 2024 di Kertanegara.  

Menurut Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman, kedatangan Sandi bukan merupakan utusan PPP. Akan tetapi, kedatangannya tentu memiliki gestur politik yang menunjukkan adanya upaya rekonsiliasi. Seperti diketahui, PPP merupakan pengusung pasangan 03 Ganjar-Pranowo-Mahfud MD. 

Di sisi lain, Sandi juga merupakan mantan kader Gerindra yang sempat menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina sebelum menyeberang ke PPP. Dia juga mendampingi Prabowo sebagai calon wakil presiden pada 2019 lalu. 

"Sebagai sosok penting di koalisi 03, tentu ada makna politiknya. Kita enggak bisa tutupi itu, makna politiknya adalah semangat rekonsiliasi. Itu ada di semua level, bahkan di level paling tinggi sekali pun," katanya saat ditemui di acara open house rumah Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2024). 

Habiburokhman juga menilai elemen parpol dari tingkat atas hingga bawah sudah memiliki semangat yang sama untuk melakukan rekonsiliasi. Apalagi, terangnya, proses sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) tinggal menunggu putusan hakim. 

"Kalau kita lihat baik di grassroots maupun elite 98% sudahmove on. Pemilu ya Pemilu. Kontestasi ya kontestasi. Selesai ya lima tahun lagi kalau mau kita kontestasi lagi. Ini kan tinggal menunggu putusan MK," lanjutnya. 

Upaya rekonsiliasi pascapemilu itu, ujar Habubirokhman, terlihat dari komunikasi dan silaturahmi yang dijalin setidaknya oleh para elite parpol dan petinggi masing-masing perwakilan koalisi pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon). 

Anggota Komisi III DPR itu mencontohkan komunikasi yang dijalin antara Dasco dan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani. Masing-masing keduanya merupakan Wakil Ketua dan Ketua DPR. Habiburokhman mengatakan keduanya memiliki komunikasi yang sangat bagus. 

"Kemarin saya ngobrol waktu paripurna, kan saya baca laporan soal LPSK, dengar beliau berdua bicara sangat akrab pakai bahasa Palembang. Pokoknya menunjukkan keakraban dan kedekatan yg amat luar biasa, personal, tetapi karena beliau adalah petinggi dua koalisi, saya pikir akan menjadi faktor di dalam dipercepatnya rekonsiliasi ini," tuturnya. 

Sebagai informasi, KPU telah mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 pada 20 Maret lalu. Pasangan 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming berhasil meraup suara terbanyak yakni 96 juta suara. 

Kemudian, pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memeroleh 40,9 juta suara dan pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 27 juta suara. 

Di sisi lain, terdapat delapan partai politik yang berhasil melenggang kembali ke Senayan berdasarkan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 yakni PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat dan PAN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper