Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Amalan Sunah Saat 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadan

Banyak umat muslim yang memanfaatkan 10 hari terakhir Ramadan dengan memperbanyak ibadah seperti melakukan iktikaf.
Umat muslim berbuka puasa di Masjid Istiqlal. Banyak umat Islam melakukan iktikaf pada 10 hari terakhir Ramadan/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Umat muslim berbuka puasa di Masjid Istiqlal. Banyak umat Islam melakukan iktikaf pada 10 hari terakhir Ramadan/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak terasa Ramadan akan segera berakhir dalam waktu 10 hari lagi. Bulan yang dipenuhi dengan keberkahan dan rahmat dari Allah, memberikan banyak kesan dan makna bagi kehidupan umat muslim.

Meski Ramadan tersisa 10 hari lagi, sisa waktu tersebut itulah segala rahmat dan kelimpahan dari Allah SWT datang berlipat ganda. Dikelilingi oleh banyak hal yang sangat berharga seperti malam Lailatul Qadar yang berbeda dari malam-malam lainnya.

Banyak umat muslim yang memanfaatkan 10 hari terakhir tersebut dengan memperbanyak ibadah seperti melakukan iktikaf, rutin melakukan salat tahajud, dan lainnya. Mungkin sebagian dari Anda perlu mengetahui amalan sunah apa yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan ibadah dalam 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Simak 10 amalan yang bisa dilakukan saat 10 hari terakhir bulan Ramadan:

1. Membaca alquran secara rutin

Membaca alquran secara rutin selama bulan puasa memberikan banyak keuntungan bagi umat muslim. Banyak yang khatam quran selama bulan puasa, dengan cara memanfaatkan 10 hari terakhir tersebut. Semakin banyak jumlah khatam yang dihasilkan, maka semakin banyak pula pahala yang didapatkan.


2. Melakukan iktikaf

Iktikaf merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan cara menginap di masjid. Menginap di masjid dilakukan dengan kegiatan ibadah lainnya seperti salat sunah, membaca quran, dan memanjatkan doa kepada Allah SWT.


3. Membayar zakat

Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan oleh umat muslim. Pemberian zakat di bulan Ramadan dapat dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadan tersebut. 

Umat muslim akan menyisihkan 2,5% penghasilannya untuk diberikan dan disumbangkan kepada pihak terkait. Zakat tersebut nantinya akan didistribusikan kepada 8 golongan seperti amil, musafir, mualaf, dan lainnya.

4. Membaca doa secara rutin

Selama 10 hari hari terakhir, ada salah satu doa yang dapat dibaca oleh umat muslim. Doa tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ  تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī.

Dalam 10 hari tersebut, rutinlah membaca doa tersebut untuk supaya segala kegiatan dan ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT.


5. Memperbanyak ibadah

Memperbanyak ibadah bukan hanya melakukan salat saja. Cukup dengan berbuat baik kepada sesama, memberikan bantuan, dan lainnya juga akan meningkatkan kualitas diri serta mendapatkan rahmat dari Allah SWT.


6. Melakukan qiyamul lail

Qiyamul lail merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pada malam hari untuk melakukan ibadah. Ibadah tersebut tentunya dilakukan untuk meminta pertolongan dan ampunan kepada Allah SWT. 

Orang yang melakukan qiyamul lail termasuk golongan orang yang berbeda dari lainnya. Dirinya melakukan ibadah di malam hari saat orang tertidur pulas. Maka dari itu, Allah SWT akan mendapatkan ganjaran yang setimpal.


7. Perbanyak doa

Memperbanyak doa dengan cara meminta, menangis, dan memohon ampunan serta petunjuk untuk kemudahan dan rida terbaik dari Allah SWT. Dalam situasi sakral seperti ini, maka Allah akan melihat kesungguhan dari umat muslim.


8. Zikir

Zikir merupakan salah satu kegiatan yang mensucikan, menyebut, dan menyerukan nama Allah SWT. Berzikir akan memberikan dampak yang sangat baik bagi umat muslim untuk mengingat segala bentuk kebaikan dari Allah SWT.


9. Melakukan aktivitas yang positif

Dalam 10 hari tersebut, umat muslim sangat disarankan untuk melakukan segala sesuatu yang bermakna dan bernilai dalam kehidupan. Melakukan aktivitas yang positif serta melakukan ibadah secara rutin, maka segala hal baik akan datang dalam hidup Anda atas izin Allah SWT.

 

10. Mengucapkan segala sesuatu yang baik

Mengucapkan segala sesuatu yang baik akan menjadi salah satu manifesting terbaik dalam hidup. Dalam situasi sakral dan momen yang tepat di 10 hari terakhir Ramadan tersebut, maka segala sesuatu yang diyakini dengan baik akan hadir dalam waktu yang tepat. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper