Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menakar Peluang Putra-Putri Politikus Mengikuti Jejak Pendahulu

Ravindra Airlangga, Rasyid Rajasa, Gavriel P Novanto, Hanum Salsabiela, dan Maria Stevi Harman bersaing ketat dalam penghitungan suara sementara di Pemilu 2024.
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memperlihatkan surat suara tercoblos saat penghitungan suara Pemilu 2024 di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memperlihatkan surat suara tercoblos saat penghitungan suara Pemilu 2024 di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet putra-putri politisi nasional ikut bertarung dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Mereka memperebutkan kursi parlemen di berbagai daerah pemilihan atau dapil.

Ravindra Airlangga, salah satunya. Putra dari Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) itu bertarung di dapil Jawa Barat V untuk meraih kursi di DPR RI.

Putra dari politikus senior, Hatta Rajasa, yakni Rasyid Rajasa juga turut meramaikan kontestasi lima tahunan ini dengan bertarung memperebutkan suara publik di dapil Jabar I. 

Selain itu ada, sejumlah putra-putri dari politisi papan atas di Indonesia termasuk Gavriel P Novanto, Hanum Salsabiela, Maria Stevi Harman dan lima anak dari Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Bisnis merangkum perolehan suara sementara dari putra-putri politisi kawakan tersebut berdasarkan hasil penghitungan suara (real count) Pemilu 2024 yang dirilis Komisi Pemilihan Umum. 

Adapun, data tersebut terakhir kali diperbarui pada Kamis (22/2/2024), pukul 23.00 WIB. Berikut rangkumannya:

Ravindra Airlangga

Putra dari Menteri Koordinator Bidang Ekonomi itu maju sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Golkar di Dapil Jabar V. Dengan jumlah suara yang masuk ke data KPU telah mencapai 64,39%, Ravindra tercatat meraih 73.786 suara. 

Pria yang sejak 2022 tercatat sebagai Anggota DPR RI, Komisi IV, itu tampak mengungguli sederet nama politisi yang telah malang melintang di Senayan, seperti Fadli Zon dan Adian Napitupulu.

Fadli Zon yang kembali maju di Dapil Jabar V dengan dukungan Partai Gerindra tercatat meraup 65.884 suara. Pada saat yang sama, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu, merengkuh 38.081 suara.

Gavriel P Novanto

Putra dari politisi senior Setya Novanto ini bertarung di Dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) II. Dengan jumlah suara yang dihimpun KPU mencapai 45,29%, Gavriel meraup 18.387 suara.

Perolehan suaranya masih berada di bawah dua politisi yang pada periode sebelumnya telah duduk di Senayan yakni Emanuel Melkiades Laka Lena dan Yohanis Fransiskus Lema. Nama pertama yang merupakan kader Golkar ini tercatat meraup 32.014 suara, sedangkan nama berikutnya yang diusung PDIP meraih 22.923 suara.

Suara yang didapatkan Gavriel juga masih berada di bawah perolehan Viktor Bungtilu Laiskodat, politisi Partai Nasdem. Pria yang lima tahun terakhir menjabat sebagai Gubernur NTT itu meraih 23.195 suara.

Rasyid Rajasa 

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini maju di Dapil Jabar I. Dengan jumlah suara total yang masuk mencapai 55,00%, Rasyid meraup 16.932 suara.

Perolehan suaranya tampak berada di bawah sederet nama besar. Di dapil yang sama, Ledia Hanifa, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), misalnya, meraih 48.518 suara.

Musisi Melly Goeslaw, yang maju di bawah panji Partai Gerindra tampak meraih 26.759 suara di Dapil Jabar I.

Aktris dan politisi Golkar, Nurul Arifin juga masih berada di atas perolehan suara Rasyid yakni dengan 23.057 suara. Disusul dengan 19.680 suara yang dikumpulkan Muhammad Farhan yang maju dengan bendera Nasdem.


Hanum Salsabiela

Putri dari politisi senior, Amien Rais ini mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dengan dukungan Partai Ummat di dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan jumlah suara yang masuk ke KPU sebanyak 67,61%, Hanum tercatat meraih 17.452 suara. Perolehan suara wanita yang sebelumnya menjadi anggota DPRD DIY itu tampak tertinggal jauh dari sejumlah pesaingnya.

Salah satunya adalah Siti Hediati Soeharto atau yang dikenal dengan sapaan Titiek Soeharto. Dengan sokongan Partai Gerindra, putri Presiden RI ke-2 ini meraih 68.736 suara di dapil DIY. 

Nama lain yang mengungguli Hanum adalah MY Esti Wijayati. Politisi PDIP ini mengumpulkan 119.235 suara di dapil yang sama.


Maria Stevi Harman

Putri dari politikus Partai Demokrat sekaligus anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman ini maju sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari NTT. 

Dengan jumlah suara yang dihimpun KPU mencapai 61,38%,  Maria tampak memimpin perolehan sementara DPD NTT dengan 211.324 suara atau sekitar 15,09%.

Dia bahkan mengungguli perolehan suara Angelius Wake Kako yang dalam lima tahun terakhir mewakili NTT di parlemen. Angelius pada saat yang sama meraih 202.057 suara atau sekitar 14,43% dari total suara masuk.

Maria juga tampak unggul dari Hilda Manfe dengan 135.381 suara (9,67%) dan Abraham Liyanto dengan 133.190 suara (9,51%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper