Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat, Anies, Prabowo, Ganjar Tetapkan Tempat Kampanye Terakhir

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan tidak ada perubahan format yang dalam debat keempat atau debat kedua khusus calon wakil presiden (cawapres).
Debat Cawapres Cak Imin vs Gibran
Debat Cawapres Cak Imin vs Gibran

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan tidak ada perubahan format yang dalam debat keempat atau debat kedua khusus calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 pada Minggu (21/1/2024).

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan akan ada 6 segmen dalam debat kedua cawapres ini. Total, debat akan berlangsung selama 150 menit, yang mana 30 menit untuk jeda iklan. 

"Kami juga menyampaikan format atau rundown [susunan acara] pelaksanaan debat keempat tidak mengalami perubahan," jelas Mellaz dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024) malam.

Dia mengatakan, nantinya cawapres yang akan mulai memaparkan visi misinya yaitu nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Kemudian, dirotasi pada sesi selanjutnya.

Tema debat kedua khusus cawapres ini yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, serta desa. Debat pada akhir pekan nanti akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, dimulai pukul 19.00 WIB.

"Hari Sabtu itu sudah gladi kotor, kemudian hari Minggu akan dilaksanakan gladi bersih, dan itu akan melihatkan antara KPU, media penyelenggara, juga tim paslon," ungkapnya.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan jadwal dan tempat puncak kampanye ketiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Pilpres 2024, lewat Keputusan KPU No. 78/2024.

Puncak kampanye akbar terakhir akan berlangsung pada tanggal 10 Februari  2024. Pada hari puncak itu, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) dijadwalkan berkampanye di Jakarta International Stadion (JIS) di Jakarta Utara.

Sementara paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming akan berkampanye di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Sedangkan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD akan berkampanye di Jawa Tengah.

Sementara itu, dalam lampiran Keputusan KPU No. 78/2024 juga ditentukan jadwal kampanye metode rapat umum paslon di masing-masing pembagian zonasi. Pembagian tempat kampanye sendiri dibagi menjadi 3 zonasi. 

Zona A terdiri dari Provinsi Aceh, Riau, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua Pegunungan.

Zona B terdiri dari Sumatera Utara, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya.

Zona C terdiri dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Tengah.

Kampanye metode rapat umum sendiri dimulai pada 21 Januari hingga 10 Februari 2024. Untuk jadwal kampanye AMIN, hari pertama di Zona A, hari kedua di Zona B, hari ketiga di Zona C, hari keempat kembali di Zona A, dan seterusnya.

Sementara jadwal kampanye Prabowo-Gibran, hari pertama di Zona B, hari kedua di Zona C, hari ketiga di Zona A, hari keempat kembali di Zona B, dan seterusnya.

Sedangkan jadwal kampanye Ganjar-Mahfud, hari pertama di Zona C, hari kedua di Zona A, hari ketiga di Zona B, hari keempat kembali di Zona C, dan seterusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper