Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Tipe A Pakupatan: Kerahkan 400 Bus Per Hari

Terminal A Pakupatan berfungsi melayani angkutan massal dalam kota, antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dok BPMI Setpres
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dok BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kehadiran Terminal Tipe A Pakupatan dapat mendorong masyarakat untuk makin bergairah dalam menggunakan transportasi massal.

Menurutnya, terminal yang sudah ada sejak 1995 itu menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengurai kemacetan di Tanah Air, khususnya di kota-kota besar.

Jokowi menjelaskan bahwa terminal tersebut berfungsi melayani angkutan massal dalam kota, antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP). Nantinya, akan ada 400 bus per hari yang akan melayani kebutuhan mobilitas masyarakat.

“Saya senang sekali terminal di Pakupatan ini ramai, bisa 400 bus per hari ini sangat bagus. Dengan terminal ini saya harap jumlah bus ke depan bertambah, penumpang bertambah yang menunjukkan pergerakan orang menggunakan transportasi massal,” kata Jokowi  saat meresmikan Terminal Tipe A Pakupatan, Serang, Banten, Senin (8/1/2023).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa terminal dengan luas lahan 30.569 meter persegi itu diharapkan juga memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Sehingga stigma negatif terhadap terminal seperti rawan kriminalitas bisa diredam atau dihapuskan.

Kepala Negara juga meyakini bahwa terminal memiliki kemampuan untuk mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk unjuk gigi menjajakan produk mereka.

Oleh sebab itu, Presiden Ke-7 RI itu pun kembali mendorong masyarakat agar mulai beralih ke kendaraan umum untuk menghindari potensi kemacetan.

“Semua itu untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dan meninggalkan transportasi pribadi. Semua kota harusnya berfikir ke arah sana,” pungkas Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper