Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Bicara Soal Horor Macet di Tol Bali Mandara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertolak ke Bali pada hari ini,
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Bali untuk membahas penanganan kemacetan parah dari Tol Bali Mandara ke Bandara Ngurah Rai, Bali.

Budi Karya melakukan rapat koordinasi di Bali bersama PJ Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya dan Kapolda Bali Ida Bagus Kade Putra Narendra, dan pihak terkait lainnya.

Salah satu imbauan yang diberikan Budi Karya terkait masalah kemacetan ini adalah kepada pemilik toko oleh-oleh dan restoran. Dia meminta kepada pemilik toko-toko dan restoran untuk membantu mengatur kendaraan para pengunjung agar tidak menimbulkan kemacetan. 

“Begitu kapasitas penampungan parkirnya sudah penuh agar dibatasi tidak sampai keluar ke jalan. Saya mohon Pak Kapolda supaya menempatkan anggota dan memberikan pengertian,” kata Menhub dalam keterangan resminya, Minggu (31/12/2023).

Selain itu, dia mengatakan salah satu upaya penanganan jangka pendek terhadap kemacetan ini adalah dengan menyediakan shuttle bus dari dan ke bandara, serta beberapa titik wisata di Bali seperti Nusa Dua, Sentral Parkir Sunset Road, serta Benoa. Bus juga berkeliling di sepanjang Kuta, Legian, serta Canggu dengan headway 15 menit.

Dia mengatakan, kegiatan antar jemput bus shuttle sudah dijalankan mulai 2 Januari 2024 mendatang. Budi Karya menuturkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Otoritas Bandara, bersama Kapolda, serta Gubernur Bali juga akan menginformasikan hal inikepada masyarakat dan maskapai melalui media sosial.

Untuk penanganan jangka menengah, akan dilakukan perbaikan di area bandara oleh Angkasa Pura yaitu berupa penambahan kapasitas parkir dan penambahan jalur kendaraan menjadi 4 jalur. Kemudian, Kemenhub juga berupaya membangun flyover untuk akses jalan menuju bandara yang akan dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR.

Sedangkan untuk jangka panjang, pemerintah akan membangun kereta LRT dari bandara ke sejumlah titik yang selama ini lalu lintasnya padat seperti di Sunset Road, Legian, serta Canggu.

“Bali harus memiliki angkutan massal perkotaan. Tidak bisa lagi hanya menggunakan kendaraan pribadi, karena kunjungan wisata di sini semakin masif,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper