Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala LAN RI Meninggal Dunia, Menteri PANRB: Selamat Jalan Nasionalis Sejati

Kepala LAN RI Adi Suryanto merupakan sosok pemimpin yang tenang dan setia mengabdikan dirinya pada masyarakat, bangsa, dan negara.
Kepala LAN RI Profesor Adi Suryanto meninggal dunia
Kepala LAN RI Profesor Adi Suryanto meninggal dunia

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala LAN RI Profesor Adi Suryanto meninggal dunia pada Jumat (15/12/2023). Kabar duka dicatatkan dalam Google trending pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan Adi meninggal dalam keadaan bertugas dan ingin berangkat salat Jumat. 

Adi pun telah dimakamkan pada Sabtu (16/12/2023) di Al-Azhar Memorial Garden. Prosesi pemakaman Kepala LAN RI dihadiri oleh keluarga, pegawai, pimpinan LAN, serta kolega dari beberapa instansi Kementerian PANRB.

Dalam prosesi pemakamannya, Menteri Azwar mengatakan Adi merupakan seorang yang loyal terhadap pekerjaannya dan seorang nasionalis sejati. Hal ini dikarenakan Adi sangat peduli dengan kemajuan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) dan penguatan administrasi negara. 

Kemudian, lanjut Azwar, Adi juga merupakan sosok pemimpin yang tenang dan setia mengabdikan dirinya pada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Hari ini kita menyaksikan saudara, kita tidak pernah menyangka kapan akan kembali ke hadapan Allah. Tapi saudara kita meninggal dalam keadaan bertugas, meninggal ketika akan berangkat salat Jumat. Meninggal dalam sayyidul ayyam yang dimuliakan Allah SWT," ujar Azwar dalam doanya. 

Pada kesempatan tersebut, Azwar Anas juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas nama Pemerintah Indonesia dan juga Presiden Joko Widodo. Sebagai informasi, Prof. Adi Suryanto dilahirkan pada 8 Desember 1969 di Kebumen, Jawa Tengah. 

Adi mulai meniti karirnya di LAN dimulai dengan menjadi staff pada Pusat Diklat Teknis dan Fungsional pada 2002. Dengan demikian, hingga saat ini, beliau sudah 21 tahun bekerja pada Lembaga Administrasi Negara.

Kemudian, setelah 4 tahun bekerja, dia pun meniti karirnya ke jabatan struktural terendah eselon IV. 

Lalu, secara berturut – turut memperoleh promosi jabatan eselon III Kabag Administrasi Pusat Kajian Otonomi Daerah dan tidak lama kemudian dipercaya merangkap sebagai Pelaksana Tugas Kepala Pusat.

Adi Suryanto pun mulai menjabat sebagai Kepala LAN sejak 2015. 

Dia dilantik pada Rabu (23/9/2015) menjadi Kepala LAN menggantikan Prof. Dr. Agus Dwiyanto yang memasuki masa purna tugas.

Setelah jabatannya habis, Adi pun kembali dipercaya menjadi Kepala LAN dengan ditandatanganinya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 206/TPA Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper